Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ibas Perkuat Wawasan Kebangsaan di Lembah Wilis

Empat pilar memiliki fungsi yang sangat penting dan wajib haru diterapkan dalam hidup bermasyarakat maupun bernegara.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Ibas Perkuat Wawasan Kebangsaan di Lembah Wilis
Ist/Tribunnews.com
Ibas meninjau pemeriksaan kesehatan bersama warga Desa Surodakan, Trenggalek. 

TRIBUNNEWS.COM, TRENGGALEK - Anggota DPR-RI dari Daerah Pemilihan VII Jawa Timur, Edhie Baskoro Yudhoyono melakukan rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur dengan melakukan sejumlah kegiatan, salah satu melakukan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan.

Pria yang akrab disama Ibas tersebut melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama ratusan warga di kawasan Agrowisata Lembah Wilis, Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan, Selasa (10/05/2016).

"Ini saya hadir di sini sebagai anggota MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat), salah satu tugas penting dari MPR adalah melakukan sosialisasi ini," kata putra bungsu Presiden IR keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Menurutnya, empat pilar memiliki fungsi yang sangat penting dan wajib harus diterapkan dalam hidup bermasyarakat maupun bernegara. Ajaran bernegara yang terangkum dalam Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Eka dan NKRI sangat tepat untuk diterapkan di negara yang memiliki puluhan ribu pulau ini.

"NKRI harga mati, NKRI ini bisa kita ibaratkan adalah kita sendiri, seandainya kita memiliki sebuah pekarangan kemudian diakui ataupun dijarah oleh orang lain marah tidak ? itulah NKRI rasa memiliki negara itu sangat penting," ujarnya dihadapan ratusan warga.

Usai dari Kecamatan Bendungan, pria yang menjabat Ketua Fraksi Demokrat DPR RI ini langsung meninjau pengobatan gratis yang digelar di Kelurahan Surodakan, Kecamatan Trenggalek.
Di lokasi tersebut Ibas juga menyalurkan Makanan Tambahan Pendamping ASI (MPASI) kepada sejumlah ibu dan balita. Selain itu ia juga menyempatkan diri untuk berdialog dan menyerap langsung aspirasi dari warga.

Menurutnya, program kesehatan balita perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah pusat hingga daerah, mengingat kecukupan gizi pada balita akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan.

BERITA TERKAIT

"Dengan asupan gizi yang cukup, balita ini nanti akan menjadi anak-anak yang cerdas dan mampu menjadi generasi penerus bangsa yang handal," imbuhnya.

Disisi lain, Ibas juga mendorong para ibu-ibu muda untuk tetap ASI ekslusif kepada anak yang baru dilahirkan. Dorongan ini muncul karena saat ini banyak diantara orang tua yang lebih senang memberikan susu formula kepada balitanya.

"Ini sangat memperihatinkan, padahal bagi orang tua yang sibuk pemberian ASI masih bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan disimpan dalam kulkas," kata Ibas.
Dalam kunjungan kerjanya di Trenggalek, anggota DPR dari Partai Demokrat ini rencnananya juga akan melakukan peninjauan beberapa sentra UKM yang ada di Kecamatan Pule.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas