Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keanehan Agenda Jalan Sehat di Toraja Utara, Memakan Korban di Jeneponto

Panitia Jalan Sehat 2016 di Toraja Utara telah menggelontorkan duit pribadi gara-gara penyelenggara belum mengucurkan dana sepeser pun.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Keanehan Agenda Jalan Sehat di Toraja Utara, Memakan Korban di Jeneponto
Tribun Timur/Yultin Rante
Pendaftaran Jalan Sehat 2016 yang dimotori Ubaindo dan Lembaga Gerakan Indonesia Sehat seperti di Jeneponto juga dibuka di Kabupaten Toraja Utara, Sulawei Selatan. Foto diambil pada Selasa (17/5/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Yultin Rante

TRIBUNNEWS.COM, RANTEPAO - Panitia Jalan Sehat 2016 di Toraja Utara telah menggelontorkan duit pribadi gara-gara penyelenggara belum mengucurkan dana sepeser pun.

Lomba jalan sehat yang dijadwalkan pada Jumat (20/5/2016) dimotori Ubaindo dan Lembaga Gerakan Indonesia Sehat (GIS), panitia yang sama untuk jalan sehat fiktif di Kabupaten Jeneponto.




Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, mengizinkan agenda jalan sehat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Toraja Utara. Baca juga: Bupati dan Warga Jeneponto Tertipu Jalan Santai Berhadiah Kuda

"Sampai detik ini kami akui pakai dana pribadi, belum ada dana GIS dan Ubaindo," ujar ketua panitia jalan sehat, Pendeta John Sampeyako, kepada Tribun Timur, Selasa (17/5/2016).

Muncul keanehan soalnya panitia dari Pemkab Toraja Utara telah meneransfer uang kepada GIS senilai Rp 19 juta untuk pengadaan baju peserta jalan sehat.

Sementara hingga saat ini GIS dan Ubaindo selaku penyelenggara belum menyediakan. "Sudah 30 juta dana pribadi saya pakai membiayai acara ini,” sambung pendeta GBI dari Palopo itu.

BERITA TERKAIT

Data yang dihimpun Sampeyako, sampai saat ini sudah 700 orang mendaftar jalan sehat dan mereka dipungut uang pendaftaran Rp 150 ribu per orang. Baca juga: Begini Jengkelnya Bupati Jeneponto Tertipu Jalan Sehat Berhadiah Kuda

Aneka hadiah menggiurkan dipajang GIS-Ubaindo selaku penyelenggara di atas spanduk sosialiasi dan brosur yang beredar di Toraja Utara.

Hadiah berupa Toyota Kijang Innova, motor Honda CBR 150R, Honda Revo, dan barang-barang elektronik, sayangnya ada perbedaan pendapat mengenai hadiah ini.

Item hadiah TV LCD, misalnya, tertulis empat unit di brosur, sedangkan panitia hanya membenarkan dua unit saja. Rencana GIS dan Ubaindo, seperti tertulis di spanduk, hadiah akan diundi di Makassar, Minggu (29/5/2016).

Sampeyako mengatakan agenda Jalan Sehat 2016 di Toraja Utara tidak fiktif seperti terjadi di Kabupaten Jeneponto.

"Di Jeneponto oknum, untuk di Toraja Utara kami tetap laksanakan, hadiahnya pun sudah kami pesan," Sampeyoko percaya diri.

Aneka hadiah, kata Sampeyako, sudah dipesan di Toko Julian Rantepao, sedangkan motor Honda CBR 150R dan Honda Revo dipesan di diler Honda di Jalan Pongtiku, Rantepao.

Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas