Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Debu Vulkanik Gunung Sinabung Mengarah ke Kota Berastagi

Tidak hanya itu, debu vulkanik di kawasan radius lima kilometer dari Gunung Sinabung mengakibatkan jarak pandang tidak kurang dari 10 meter.

Penulis: Jefri Susetio
Editor: Wahid Nurdin
zoom-in Debu Vulkanik Gunung Sinabung Mengarah ke Kota Berastagi
TRIBUN MEDAN/JEFRI SUSETIO
Seorang warga melintas di tengah debu vulkanik Gunung Sinabung yang menebal di kawasan Desa Sukandebi, Kecamatan Naman Tera, Kabupaten Tanah Karo, Minggu (22/5/2016). 

Laporan wartawan Tribun Medan, Jefri Susetio

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Bagi Anda yang ingin mengisi libur akhir pekan ke dataran tinggi Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara harus waspada lantaran debu vulkanik Gunung Sinabung mengarah ke Kota Berastagi, Minggu (22/5/2016).

Berdasarkan pengamatan Tribun di Kota Kabanjahe terlihat dua kali luncuran awan panas.

Sedangkan debu vulkanik mengarah ke Kota Berastagi.

Tidak hanya itu, debu vulkanik di kawasan radius lima kilometer dari Gunung Sinabung mengakibatkan jarak pandang tidak kurang dari 10 meter.

Sehingga, pengendara sepeda motor dan mobil harus menghidupkan lampu.

Selain itu, masyarakat sekitar telihat bergotong royong menyiram air ke tengah jalah. Bahkan, satu unit mobil pemadam kebakaran terlihat mengarah ke Desa Sukandebi, Kecamatan Naman Teran, Tanah Karo.

BERITA TERKAIT

Seorang warga Hendrik mengatakan, hampir setiap pekan Gunung Sinabung erupsi. Karena itu, debu tebal menempel di jalan maupun atap rumah warga. Oleh sebab itu, dia berharap mobil pemadam kebakaran lebih aktif menyiram debu.

"Memang payah kali kalau sudah erupsi kayak gini. Mau jalan saja tidak nampak lagi. Pakaian semua berdebu. Harus mobil pemadam tidak berhenti menyiramkan air ke sini," ujarnya

Dia menambahkan, penderitaan masyarakat Tanah Karo sudah banyak. Ia berharap Gunung Sinabung berhenti bererupsi agar masyarakat dapat menjalankan aktivitas bercocok tanam.(*)

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas