Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gardu Induk Nonohanis Operasi, PLN Hemat Jutaan Rupiah Perbulan

Pengoperasian ini sekaligus menandai masuknya Soe dalam interkoneksi sistem Timor.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Gardu Induk Nonohanis Operasi, PLN Hemat Jutaan Rupiah Perbulan
TRIBUN JABAR

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PLN (Persero) terus melakukan peningkatan infrastuktur kelistrikan.

Hal itu dibuktikan melalui pengoperasian Gardu Induk (GI) Nonohanis 1 x 20 MVA dan Saluran Udara Tegangan Tinggi ( SUTT) 70 kV Bolok-Maulafa-Noibonat-Nonohonis.

Pengoperasian ini sekaligus menandai masuknya Soe dalam interkoneksi sistem Timor.

Dengan pengoperasian GI dan SUTT Nonohanis PLN berhasil menghemat biaya pokok produksi listrik hingga Rp. 345,3 juta per bulan yang didapatkan dari Pengurangan biaya pengangkutan BBM ke PLTD Soe.

"Alhamdulillah PLN berhasil mengoperasikan GI dan SUTT untuk wilayah Soe,Kabupaten Timor Tengah Selatan," ujar Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara PLN Machnizon Masri, Rabu (25/5/2016).

Sebelumnya listrik untuk wilayah Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan disuplay dari PLTD Soe saja dengan sistem isolated. Sehingga jika ada gangguan dari PLTD Soe otomatis pemadaman tidak bisa terhindarkan.

"Meski sempat mengalami kendala pembebasan tanah , namun dengan kerja keras PLN, dukungan Pemerintah setempat, stake holder serta kerelaan warga, maka seluruh kendala akhirnya bisa diatasi dengan baik," ungkap Machnizon.

BERITA TERKAIT

Adanya GI dan SUTT Nonohanis daya listrik yang diproduksi dari pembangkit listrik Kupang dapat disalurkan sampai dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan percepatan ekonomi didaerah setempat.

"Kami harapkan dengan pengoperasian GI dan SUTT warga akhirnya bisa merasakan sistem kelistrikan yang lebih handal "ujar Machnizon Masri.

Kehadiran GI nonohonis dengan kapasitas 20MVA diharapkan bisa memenuhi permintaan pelanggan baru. Adapun beban puncak di soe saat ini mencapai 5 MW atau sebesar 31 persen dari kapasitas GI.

Sementara SUTT 70 kV di sistem timor menghubungkan PLTU Bolok – GI Maulafa – GI Naibonat – GI Nonohanis dan GI Nonohonis – GI Kefamenanu – GI Atambua – PLTU Atapupu.

Saat ini PLN Juga tengah membangun SUTT 70 kV dan GI 70 kV sampai dengan Atapupu - Kabupaten Belu. Untuk itu PLN mohon dukungan dan bantuan dari Pemerintah serta para stale holder, agar pembangunan ini dapat selesai sesuai dengan rencana.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas