Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perancis Jalin Kerja Sama dengan Surabaya untuk Perdagangan dan Pendidikan

Duta Besar Perancis untuk Indonesia dan Timor Leste, Corinne Breuze, mengunjungi sejumlah tempat di Surabaya.

Penulis: Monica Felicitas
Editor: Y Gustaman
zoom-in Perancis Jalin Kerja Sama dengan Surabaya untuk Perdagangan dan Pendidikan
Surya/Monica Felicitas
Duta Besar Perancis untuk Indonesia dan Timor Leste, Corinne Breuze (paling kanan) mengunjungi sejumlah tempat di Surabaya, Senin (30/5/2016). 

Laporan Wartawan Surya, Monica Felicitas

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Duta Besar Perancis untuk Indonesia dan Timor Leste, Corinne Breuze, mengunjungi sejumlah tempat di Surabaya.

Kunjungan ini guna mempererat hubungan bilateral antara Perancis dan Surabaya, Jawa Timur, yang sudah terjalin sekian lama.

Corrine mengawali menemui Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, guna membicarakan kerja sama antara Perancis dengan Pemkot Surabaya terkait kerja sama perusahaan Gosang yang bergerak di bidang perdagangan buah-buahan.

Perancis juga akan melalukan hubungan kerja sama dengan Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya.

”Jangan kaget, apel yang kalian makan asalnya dari Perancis,” ujar Corinne kepada media dalam acara gathering kolega dan alumni IFI (Institute Francais d'Indonesia) di Consulate Resto, Surabaya.

Perancis sengaja melakukan ekspor ke Surabaya, karena pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta tidak memberikan izin.

BERITA TERKAIT

Perancis juga akan mengadakan kerjasama di bidang makanan di mana ada sebuah perusahaan Perancis bernama Invivo berproduksi di Surabaya.

Selain perdagangan, Perancis juga melakukan kunjungan dan kerja sama dengan beberapa kampus di antaranya ITS dan UK Petra. Kerja sama tersebut dalam bentuk kurikulum dan pertukaran mahasiswa.

Dalam gathering ini, Corinne memperkenalkan Han Jayanata, General Manager PT Jayanata Kosmetika Prima. Alasan dipilihnya Han karena mempunyai dedikasi dan paham budaya Perancis.

Han merupakan Konsulat Kehormatan Perancis pertama untuk Surabaya. Ia mempunyai banyak kesempatan dan akan bekerja keras mempererat hubungan Perancis untuk meningkatkan kunjungan turis Perancis ke Surabaya, pendidikan, serta kebudayaan.

”Saya sering melakukan kerja sama di bidang kecantikan dan fashion show di Perancis. Karena saya yang pertama, maka masih sama-sama belajar. Nantinya yang saya dahulukan adalah mengenai edukasi dan bisnis, utamanya memperbanyak pertukaran pelajar, dan juga pada fashion,” jelas Han.

Han berkeinginan mengerahkan anak muda Surabaya untuk melakukan bisnis berjejaring, karena peluang di sektor ini membuka banyak kesempatan.

"Semakin lama berkembangnya Surabaya dan Indonesia, saya merasa ini sudah saatnya bekerjasama lebih dalam. Apalagi Surabaya adalah kota kedua di Indobnesia,” jelas dia.

Pada 2 Juni 2016 mendatang, grup musik ensemble 'Trielen' dan pianis Jean dan Louis Haguenauer, akan tampil dalam acara festival musim semi Perancis di Sheraton Hotel Surabaya.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas