Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Empat Tahun Sudah Pemprov Sumut Tidak Menerima PNS Baru

Wacana pengurangan PNS di instansi-instansi pemerintahan masih menjadi pembahasan di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Penulis: Array Anarcho
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Empat Tahun Sudah Pemprov Sumut Tidak Menerima PNS Baru
Tribun Jateng
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Array A Argus

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Wacana pengurangan pegawai negeri sipil (PNS) di instansi-instansi pemerintahan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) masih menjadi pembahasan di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Gubernur Sumatera Utara, T Erry Nuradi mengatakan, pihaknya belum melakukan pengurangan PNS.




"Kebutuhan PNS itu kan sesuai dengan analisa jabatan yang ada. Tentunya, Sumatera Utara sendiri sudah beberapa tahun tidak menerima PNS baru. Sudah hampir empat tahun tidak menerima PNS baru," kata Erry di rumah dinas Jl Sudirman Medan, Jumat (3/6/2016) siang.

Ia memberi contoh, jika seorang PNS itu bekerja aktif selama 30 tahun, dan jika Pemprov Sumut memiliki PNS sebanyak 120 ribu orang, maka bila dibagi 30 per tahunnya, ada sekitar 400 PNS yang pensiun. Dengan kondisi seperti ini, kata Erry, sangat diperlukan adanya penerimaan PNS baru.

"Saat ini ada juga mutasi dari kabupaten/kota yang masuk ke provinsi. Tetapi, kami menerimanya dengan selektif," ungkap Erry.

Ia menjelaskan, penerimaan PNS di lingkungan Pemprov Sumut tentunya dilihat dari kebutuhan yang ada. Selain itu, dilihat pula kemampuan PNS itu seperti apa.

BERITA TERKAIT

"Kita tunggu saja petunjuk kementerian seperti apa. Karena sampai saat ini, kami belum ada menerima arahan," ungkap Erry. (ray/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas