Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Polisi Temukan Banker yang Simpan Ribuan Petasan di Jombang

Petugas menemukan ratusan mercon yang disembunyikan di kandang ayam.

Laporan Wartawan Surya Sutono

TRIBUNNEWS.COM, JOMBANG - Polres Jombang menggerebek sentra produksi petasan alias mercon di Desa Keras, Kecamatan Diwek, Jumat (24/6/2016).

Polisi menemukan rumah tempat produksi petasan yang di dalamnya terdapat bungker berukuran besar.

Saat dibongkar di dalam ruangan rahasia terdapat ribuan petasan berbagai jenis yang siap edar.

Tak cuma itu, polisi juga menemukan bahan peledak, sumbu, alat pemotong kertas, serta bahan baku mercon lainnya yang seluruhnya disita.

"Pemilik rumah berinisial I. Sayangnya, pelaku sudah kabur sesaat sebelum petugas datang. Makanya pemilik rumah ini kita jadi DPO (Daftar Pencarian Orang)," ujar Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto, saat memimpin penggerebekan.

Penyisiran kembali dilakukan di sekitar rumah I. Lagi-lagi petugas menemukan ratusan mercon yang disembunyikan di kandang ayam.

Mercon siap edar itu disimpan dalam karung plastik. Seluruh barang berbahaya itu kemudian dikumpulkan dan dijadikan sebagai barang bukti.

Kapolres menjelaskan, razia ke Desa Keras memang sengaja dilakukan sebagai bagian dari operasi cipta kondisi.

Desa ini merupakan salah satu dari lima sentra industri mercon di Jawa Timur. Mercon hasil produksi warga Keras membanjiri pasar gelap petasan di berbagai kawasan Jatim.

"Sebelum razia, kami sudah melakukan pendekatan ke warga. Mereka kami imbau agar tidak lagi memproduski mercon. Ini berbahaya, dan dapat dijerat undang-undang darurat, dengan ancaman cukup berat. Ternyata warga tetap saja memproduksi mercon. Buktinya, kamu temukan bungker raksasa yang digunakan menyembunyikan ribuan mercon," kata  Agung.

Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Surya
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas