Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Banyuwangi Dorong Orangtua Antar Anak ke Sekolah di Hari Pertama

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengajak orang tua murid mengantar anak ke sekolah di hari pertama tahun ajaran baru 2016-2017.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Banyuwangi Dorong Orangtua Antar Anak ke Sekolah di Hari Pertama
Surya/Haorrahman
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (tengah) saat bersama para guru beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Surya, Haorrahman

TRIBUNNEWS.COM, BANYUWANGI - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengajak orang tua murid mengantar anak ke sekolah di hari pertama tahun ajaran baru 2016-2017.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengimbau  semua wali murid untuk mengantarkan anaknya ke sekolah pada hari masuk pertama sekolah yang jatuh pada Senin, 18 Juli 2016.

"Kami menghimbau agar orang tua atau wali murid mengantar anaknya ke sekolah di hari pertama," terang Anas kepada wartawan, Kamis (14/7/2016).

Semua pimpinan kantor baik lingkup Pemkab Banyuwangi maupun instansi swasta lainnya diinstruksikan memberikan dispensasi kepada pegawai untuk memulai kerja sesudah mengantar anaknya ke sekolah di hari tersebut.

Mengantarkan anak ke sekolah di hari pertama sesuai imbauan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan tentang Hari Pertama Sekolah.

Imbauan ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 4 tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah. Isinya mendorong aparatur sipil daerah mengantarkan anak ke sekolah di hari pertama.

BERITA TERKAIT

“Kami mendukung sepenuhnya imbauan Mendikbud tersebut. Kami berharap agar semua orang tua yang anaknya pertama masuk sekolah di tahun ajaran baru ini bisa mengantarkan anak-anak mereka ke sekolah,” kata Anas.

Mantan anggota DPR RI tersebut menambahkan imbauan Mendikbud merupakan langkah sangat positif bagi dunia pendidikan. Hari pertama masuk sekolah merupakan momen penting bagi seorang siswa untuk menjalani masa sekolah selanjutnya. Terutama bagi siswa yang menempuh jenjang baru pendidikan.

"Hari pertama sekolah akan terekam jelas dalam ingatan setiap siswa. Dan itu sangat mempengaruhi kondisi anak dalam menjalani masa-masa sekolah berikutnya. Sehingga, sangat perlu menciptakan situasi positif yang bisa menumbuhkan kepercayaan anak agar bisa bersekolah dengan baik," ujar Anas.

Selain itu, kata Anas, hari pertama sekolah akan didorong sebagai momen untuk menumbuhkan interaksi antara orang tua dengan guru di sekolah.

“Keterlibatan orang tua secara langsung di hari pertama sekolah anak juga akan menjadi momen yang istimewa bagi anak, menumbuhkan kepercayaan dirinya serta menambah semangat setiap anak untuk bersekolah,” cetus Anas.

Pemkab Banyuwangi akan menginstruksikan semua sekolah mulai tingkat Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat bersiap menyambut kedatangan murid baru beserta orang tua mereka dengan suasana penuh kekeluargaan.

“Kami minta semua sekolah bisa memanfaatkan momen ini sebagai ajang menjalin komunikasi yang hangat dengan orang tua murid. Setiap guru, terutama wali kelas bisa lebih mengenal lebih jauh anak didiknya berdasar keerangan orang tuanya. Sehingga masing-masing pihak bisa saling mendukung," ujar Anas.

Kepala Dinas Pendidikan Sulihtiyono menambahkan, pada hari pertama tersebut pihak sekolah akan menjelaskan banyak hal. Mulai dari peraturan sekolah, pengenalan guru serta semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan di sekolah. Selain itu orang tua juga akan mendapatkan informasi berbagai kegiatan baik intra maupun ekstrakurikuler yang bisa dipilih sesuai bakat dan minat anak.

“Kami berharap dengan pertemuan antara sekolah dan orangtua bisa meneguhkan komitmen bersama dalam mengawal pendidikan anak selama setahun ke depan,” kata Sulih.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas