Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bakal Hadir Aplikasi Pencari Masjid Mirip Pencarian Pokemon Go

Susah menemukan masjid saat perjalanan jauh menginspirasi Wisnu Candi Abdi Kusumo membuat aplikasi pencari masjid seperti cara kerja Pokemon Go.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Bakal Hadir Aplikasi Pencari Masjid Mirip Pencarian Pokemon Go
Surya/Pipit Maulidiya
Wisnu Candi Abdi Kusuma menunjukkan aplikasi Go Go Masjid, untuk mencari masjid, Kamis (4/8/2016). 

Laporan Wartawan Surya, Pipit Maulidiya

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Susahnya menemukan masjid saat perjalanan jauh menginspirasi Wisnu Candi Abdi Kusumo membuat aplikasi yang bermanfaat sebagai tugas akhir kuliah.

Berbekal pengetahuannya, mahasiswa Teknik Informatika Untag Surabaya ini membuat aplikasi pencari masjid mirip dengan aplikasi permainan yang sedang booming, Pokemon Go.

"Tapi saya enggak meniru itu, saya sudah mengerjakan dan penelitian untuk membuat aplikasi ini sebelum Pokemon Go muncul," kata Wisnu yang enggan aplikasi buatannya disamakan dengan game Pokemon Go saat mengobrol dengan Surya (Tribun Network), Kamis (4/8/2016).

Wisnu menuturkan aplikasi ini bisa digunakan untuk semua versi Adroid yang memiliki GPS atau sistem navigasi berbasis satelit dan kamera belakang.

Cara kerjanya, buka aplikasi pencari masjid lalu arahkan kamera ponsel ke jalan, gerakkan ke kiri dan kanan. Bakal muncul pemberitahun berupa papan nama masjid berwarna biru.

Papan itu berisi informasi mengenai masjid ada di sebelah kanan atau di sebelah kiri pengguna aplikasi.

BERITA REKOMENDASI

"Kalau diklik akan menampilkan nama masjid, alamat masjid, kota, nomor data base, topologi, dan jarak. Selain itu di pojok kiri atas ponsel akan muncul radar yang akan menunjukkan keberadaan masjid hingga jarak 800 meter dari posisi pengguna aplikasi. Bentuknya titik-titik kecil warna putih," terang dia.

Wisnu menambahkan, setelah mengeklik papan berisi informasi masjid, akan tampil google map yang siap menjadi pemandu untuk pengguna aplikasi.

Aplikasi yang akan dinamai Go Go Masjid ini, imbuh Wisnu, dapat mendeteksi 238 masjid di Kota Surabaya. Masih ada 700 lebih masjid belum masuk basis data aplikasinya.

Dalam wakdu dekat Wisnu berencana bekerjasama dengan Kementrian Agama untuk mendapatkan data dan informasi masjid-masjid yang masih aktif.

"Maunya tak hanya di Surabaya, fokus ke depan mau menambah data base masjid di Kota Sidoarjo, Jombang, dan Mojokerto," aku Wisnu.

Dosen Pembimbing Wisnu, Anton Breva Yunanda ST MMT, menuturkan pihaknya mendukung penuh aplikasi buatan Wisnu. Bahkan proporsal Wisnu ditanggapi positif tim Badan Sistem Informasi Untag.

"Alhamdulillah disetujui, rencananya kalau bisa mau dimasukkan dalam playstore agar dapat digunakan dan dikenal masyarakat luas khususnya Muslim secara gratis," ujar Anton.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas