Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pipa Milik Pertamina Bocor di Tarakan, Minyak Genangi Badan Jalan

Pipa PT Pertamina EP Asset 5 Tarakan bocor dan minyaknya menggenangi Jalan Kesuma Bangsa, Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu (31/8/2016).

Editor: Y Gustaman

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Junisah dan Ayuk Fitri

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Pipa PT Pertamina EP Asset 5 Tarakan bocor dan minyaknya menggenangi Jalan Kesuma Bangsa, Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu (31/8/2016).

Kebocoran pipa diakibatkan alat berat milik kontraktor PT Adhi Karya sedang melakukan penggalian untuk jaringan gas rumah tangga di Kota Tarakan.

Akibat kejadian ini, ribuan liter minyak murni tumpah ke jalanan bahkan sampai meluber ke parit menuju aliran sungai di rumah-rumah warga.

Tak pelak sekitar 50 petugas PT Pertamina langsung ke lapangan untuk mengatasi kebocoran pipa pengalir minyak tersebut.

Pantuan Tribun Kaltim, satu unit mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk menyemprot tumpahan minyak yang ada di jalan-jalan. Petugas juga menyemprotkan busa ke seluruh badan jalan.

Asisten Manager Legal dan Relation PT Pertamina EP Asset 5 Tarakan, Achmad Hendro, mengatakan pihaknya tidak mengetahui pasti berapa banyak kerugian dan jumlah minyak murni yang tumpah.

BERITA TERKAIT

Netizen juga tak ketinggalan ikut mengunggah video luapan minyak tersebut. Akun, Jelan Right mengunggah videonya ke laman Facebook, Rabu (31/8/2016).

Kebetulan saat itu ia sedang berada di tempat kejadian dan langsung mengabadikan kejadian ini dalam video singkat berdurasi 38 detik.

"Pipa minyak bocor saat penggalian jalan gas didepan rumah makan derawan, bompanjang," tulis Jelan, dikutip tribunkaltim.co melalui akun Facebook pribadinya.

Tayangan tersebut memerlihatkan minyak mentah menyembur keluar dari pipa yang diduga mengalami kebocoran.

Akibatnya luapan minyak mengenangi jalanan di sekitar pusat kebocoran pipa. Busa minyak berwarna kecokelatan nampak mengenangi jalanan.

Warga sekitar nampak penasaran berhenti di sekitar lokasi dan terlihat pula beberapa merekam kejadian kebocoran pipa yang sedang berlangsung menggunakan ponsel pintar.

Sejak diunggah dua jam yang lalu video ini telah disaksikan lebih dari 3.700 kali oleh pengguna Facebook dan dibagikan hingga 412 kali.

Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas