Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Smart City Hadirkan Kota Masa Depan Berbasis Teknologi Tinggi yang Lebih Cerdas

Iwa Karniwa mengatakan, kegiatan Indonesia Smart City Forum (ISCF) 2016 yang diikuti kepala daerah kota/kabupaten se-Indonesia sangat penting.

Penulis: Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Smart City Hadirkan Kota Masa Depan Berbasis Teknologi Tinggi yang Lebih Cerdas
Tribun Jabar/Teuku Muh Guci S
Sejumlah stand pada kegiatan Indonesia Smart City Forum (ISCF) 2016 digelar di Hotel Trans Luxury, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jumat (2/9/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan, kegiatan Indonesia Smart City Forum (ISCF) 2016 yang diikuti kepala daerah kota/kabupaten se-Indonesia sangat penting. Sebab hampir seluruh kota di dunia memiliki permasalahan yang hampir sama.

"Dari mulai tingginya pertumbuhan populasi, keterbatasan sumber daya, kemacetan, kriminalitas, banjir, keterbatasan sarana dan prasarana publik, krisis energi dan lain sebagainya," kata Iwa dalam sambutannya pada acara ISCF 2016, di Hotel Trans Luxury, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jumat (2/9/2016).

Iwa pun menyebut, smart city saat ini menjadi solusi menjawab permasalahan yang saat ini tidak bisa diselesaikan dengan cara konvensional.

Sebab smart city menghadirkan kota masa depan berbasis teknologi tinggi yang lebih cerdas, efisien dalam penggunaan sumber daya, biaya serta energi.

"Termasuk dalam peningkatan kualitas layanan publik serta terciptanya pembangunan ekonomi yang semakin ramah lingkungan dan berkelanjutan di wilayah perkotaan," kata Iwa.

Dikatakan Iwa, penerapan konsep smart city diharapkan mampu menjawab berbagai dinamika dan tantangan pembangunan yang semakin kompleks. Menurutnya, konsep smart city tidak hanya dimaknai sebatas pada pemanfaatan teknologi mutakhir semata.

BERITA TERKAIT

"Lebih dari itu pemanfaatan IPTEK ditujukan untuk membangun infrastruktur yang pintar sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tentunya tetap disesuaikan dengan kearifan lokal sehingga dapat memberikan pelayanan yang efektif, murah, dan mudah bagi masyarakat," kata Iwan.

Disamping itu, kata Iwa, smart city juga mengembangkan integrasi kecerdasan individu, kecerdasan kolektif dan kecerdasan teknologi dalam sistem kehidupan kota.

"Oleh karenanya, untuk mewujudkan smart city dibutuhkan pula pelibatan masyarakat secara efektif dalam penyelenggaraan pembangunan, dengan membuka ruang bagi masyarakat untuk terus berinovasi," kata Iwa. (cis)

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas