Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jabar Kahiji di PON XIX Berkat Pengaruh Suporter TNI

Kontingen Jawa Barat juara umum di event empat tahunan, Pekan Olahraga Nasional XIX 2016. Tak sedikit yang berjasa menjadikan Jabar Kahiji.

Penulis: Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Editor: Y Gustaman
zoom-in Jabar Kahiji di PON XIX Berkat Pengaruh Suporter TNI
TRIBUN JABAR/Bukbis Candra Ismet Bey
Pertunjukan kembang Api menghiasi penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (29/9/2016). Dalam pesta olahraga multievent terbesar di Indonesia tersebut, kontingen Jawa Barat berhasil menjadi juara umum, sedangkan PON XX/2020 akan berlangsung di Provinsi Papua. TRIBUN JABAR/Bukbis Candra Ismet Bey 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Kontingen Jawa Barat juara umum di event empat tahunan, Pekan Olahraga Nasional XIX 2016. Tak sedikit yang berjasa menjadikan Jabar Kahiji.

Pencapaian ini sesuai target Jabar pada PON tahun ini. Selain faktor tuan rumah, motivasi yang diberikan penonton dianggap memicu para atlet meraih target medali yang dicapai.

Satu di antaranya pengerahan prajurit TNI Kodam III Siliwangi sebagai pendukung kontingen Jabar. Dukungan mereka di bangku penonton turut mempengaruhi torehan gemilang atlet Jabar.

"Keberadaan prajurit menambah keyakinan atlet, membangkitkan mental bertanding dan semangat yang luar biasa. Sebaliknya, membuat keder lawan bertanding," kata Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI Wuryanto di Markas Kodam III Siliwangi, Bandung, Jumat (30/9/2016).

Pengerahan prajurit TNI bukan lantaran Pangdam III Siliwangi menjadi ketua kontingen atlet Jabar. Menurut Wuryanto,  pengerahan prajurit merupakan sumbangsih TNI untuk masyarakat Jabar.

"Ini menunjukkan prajurit kami menyatu dengan rakyat. Kami tidak main-main dan setengah-setengah untuk masyarakat Jabar. Ini komitmen kami," Wuryanto menjelaskan.

BERITA TERKAIT

Dukungan prajurit TNI membuat atlet Jabar mendulang 217 emas, 157 perak dan 155 perunggu. Juara kedua adalah DKI Jakarta, diikuti Jawa Timur.

"Dengan upaya yang kami lakukan ini, ada beberapa pihak yang mengadu kepada Panglima," kata Wuryanto.

PON XIX 2016 resmi ditutup Wakil Presiden Jusuf Kalla di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Kamis (29/9/2016) malam.

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas