Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Antisipasi Roboh, Sejumlah Pohon di Kota Medan Ditebang

Hujan deras disertai angin kencang dalam sebulan terakhir merobohkan sejumlah pohon besar di sejumlah ruas jalan inti Kota Medan.

Penulis: Array Anarcho
Editor: Y Gustaman
zoom-in Antisipasi Roboh, Sejumlah Pohon di Kota Medan Ditebang
Tribun Medan/Array A Argus
Sejumlah petugas Dinas Pertamanan menebang pohon besar berusia puluhan tahun di Jalan Sudirman, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (11/10/2016). TRIBUN MEDAN/ARRAY A ARGUS 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Array A Argus

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Hujan deras disertai angin kencang dalam sebulan terakhir merobohkan sejumlah pohon besar di sejumlah ruas jalan inti Kota Medan.

Guna mengantisipasi pohon tumbang menimpa pengguna jalan, Dinas Pertamanan Kota Medan mulai menebangi sejumlah pohon lapuk di Jalan Sudirman.

"Dikhawatirkan pohon-pohon ini akan tumbang. Saat ini di Jalan Sudirman ada tiga pohon yang kami tumbangkan," kata Parasutan Siregar, mandor penghijauan Dinas Pertamanan saat ditemui Tribun Medan di Jalan Sudirman, Selasa (11/10/2016).

Menurut Parasutan, pohon yang ditebang jenis lintung. Usia pohon yang ditebang sudah puluhan tahun. Ia sudah mengantongi daftar pohon yang harus ditebang.

Usai menebang pohon lapuk, batangnya dibelah dan langsung diangkut ke atas truk. Petugas tampak mengangkat batang pohon menggunakan alat berat.

Penebangan pohon ini berdampak pada tersendatnya arus lalu lintas. Setiap kendaraan yang melintas di Jalan Sudirman harus melambatkan lajunya sambil mengikuti arahan petugas.

BERITA TERKAIT

"Kami mohon maaf kepada pengguna jalan atas terganggunya arus lalu lintas di seputaran Jalan Sudirman ini. Penebangan pohon semata-mata demi keselamatan kita bersama," imbuh Parasutan.

Untuk mengantisipasi kemacetan, sebagian petugas Dinas Pertamanan turun mengatur jalan. Beberapa di antaranya memasang rambu lalu lintas.

Pantauan Tribun Medan, aktivitas penebangan pohon lintung menyebabkan penumpukan kendaraan di seputaran Jalan Sudirman.

"Penebangan untuk mengantisipasi pohon tumbang sebenarnya bagus. Tetapi, seharusnya dilakukan malam hari. Sehingga arus lalulintas tidak macet," kata pengendara Rasyid, warga Polonia.

Hal senada disampaikan Joko. Warga Marelan ini kesulitan saat melintas. Karena penebangan pohon berlangsung di jam-jam sibuk.

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas