Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tersedia 12 Bus Khusus untuk Pemakai Kursi Roda di Peparnas XV

Tersedia 12 bus untuk penyandang disabilitas khusus pengguna kursi roda di Pekan Paralimpik Indonesia XV yang digelar 15 sampai 24 Oktober 2016.

Tersedia 12 Bus Khusus untuk Pemakai Kursi Roda di Peparnas XV
Tribun Jabar/Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Bus khusus untuk penyandang disabilitas pengguna kursi roda disiapkan di Pekan Paralimpik Indonesia XV yang digelar 15 sampai 24 Oktober 2016. Bus ini dipamerkan di GOR Saparua, Kota Bandung, Selasa (12/10/2016). Bus berkapasitas 20 orang ini disulap untuk bisa menampung lima penyandang disabilitas pengguna kursi roda. TRIBUN JABAR/TEUKU MUHAMMAD GUCI SYAIFUDIN 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Tersedia 12 bus untuk penyandang disabilitas khusus pengguna kursi roda di Pekan Paralimpik Indonesia XV yang digelar 15 sampai 24 Oktober 2016.

Bus sebanyak itu didesain khusus Dinas Perhubungan Jawa Barat agar bisa menampung penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda di gelaran Peparnas nanti.

"Ada delapan bus berukuran besar dan empat berkuran sedang khusus penyandang disabilitas pemakai kursi roda," kata Kasi Teknis Sarana dan Keselamatan Transportasi Dinas Perhubungan Jabar, Tata, kepada Tribun Jabar, Rabu (12/10/2016).

bus-khusus-penyandang-diasabilitas_20161012_111715.jpg
Seorang atlet pengguna kursi roda mencoba menaiki bus khusus untuk penyandang disabilitas yang disiapkan di Pekan Paralimpik Indonesia XV pada 15 sampai 24 Oktober 2016. Bus ini dipamerkan di GOR Saparua, Kota Bandung, Selasa (12/10/2016). Bus berkapasitas 20 orang ini disulap untuk bisa menampung lima penyandang disabilitas pengguna kursi roda. TRIBUN JABAR/TEUKU MUHAMMAD GUCI SYAIFUDIN

Bus khusus berukuran sedang dipamerkan di GOR Saparua, Jalan Saparua. Bus berkapasitas 20 orang itu disulap untuk bisa menampung lima penyandang disabilitas pengguna kursi roda..

Setiap penyandang disabilitas bisa menaiki bus tanpa harus menanggalkan kursi rodanya. Tak perlu khawatir bergeser ketika di dalam bus, ada alat khusus agar tak mengubah posisi kursi roda.

"Bus ini memang didesain sedemikian rupa untuk memberikan keamanan penyandang disabilitas pemakai kursi roda. Di dalam ada semacam sabuk khusus mengikat kursi roda," kata Tata.

Bus ini memiliki pintu khusus yang menggunakan hidrolik. Alat ini membantu pengguna kursi roda naik ke dalam bus.

"Ada papan yang sudah disiapkan untuk mengangkat penyandang disabilitas dan kursi rodanya. Ukurannya pas dengan kursi rodanya. Nah papan itu nanti bisa dinaikkan dan diturunkan," terang dia.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jabar
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas