Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Empat Pria Pulangkan Prajurit Dimas Kanjeng Dalam Kondisi Tak Bernyawa

Selama ini Sumarno dikenal sebagai prajurit perekrut anggota baru padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi untuk wilayah Kabupaten Ngawi.

Editor: Wahid Nurdin
zoom-in Empat Pria Pulangkan Prajurit Dimas Kanjeng Dalam Kondisi Tak Bernyawa
Capture Youtube
ILUSTRASI - Jenazah Ismail Hidayah, pengikut sekaligus korban pembunuhan padepokan Dimas Kanjeng akhirnya diambil pihak keluarga. Menurut rencana, jenazah akan dimakamkan di Kampung Halaman di Situbondo, Jawa Timur. 

Laporan wartawan Surya, Doni Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, NGAWI - Sumarno (54) warga Desa Babadan, Kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi, 'santri' di padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi di Dusun Cangkelek, Desa Wangkal, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, dipulangkan ke Ngawi dalam keadaan meninggal.

Meninggalnya Sumarno bocor, Jumat (14/10/2016) sore atau dua hari setelah jenazah bapak satu anak itu dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Desa Babadan, Kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi, Rabu (12/10/2016).

Selama ini Sumarno dikenal sebagai prajurit perekrut anggota baru padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi untuk wilayah Kabupaten Ngawi.

"Kami sempat curiga dengan kematian Pak Sumarno, tapi kami sekeluarga tidak bisa berbuat banyak. Kami langsung memakamkan jenazahnya, tanpa memeriksa penyebab kematian mendadaknya itu," kata Sukadi, keponakan almarhum Sumarno kepada SURYA.co.id (Tribunnews.com network), Sabtu (15/10/2016).

Sebelumnya, pihak kepolisian merahasiakan identitas Sumarno, pengikut Kanjeng Dimas Taat Pribadi asal Ngawi ini.

Informasi awal, hanya Ke Ho alias Kusharsono (45), warga keturunan Tionghoa asal Kelurahan Pelem, Kecamatan/Kabupaten Ngawi yang menjadi pengikut Dimas Kanjeng.

BERITA TERKAIT

Tapi, Jumat (14/10/2016) sore beredar nama Sumarno, yang dipulangkan ke desanya oleh empat pria suruhan Kanjeng Dimas Taat Pribadi dalam keadaan sudah tidak bernyawa.

"Saat itu, kami sekeluarga kaget dan seperti tidak sadar, sehingga tidak sempat tanya identitas keempat pria yang mengantar jenazah Sumarno. Bukan hanya keluarga, kemungkinan juga perangkat di desa kami, semua seperti tidak percaya Pak Sumarno meninggal," jelas Sukadi.

Dikatakan Sukadi, saat ini Sutarni istri almarhum sangat terpukul dengan kematian suaminya itu.

Apalagi suaminya meninggal dengan membawa uang mahar milik warga Ngawi yang berhasil direkrutnya, namun Sutarni tidak mengetahui sampai berapa jumlahnya.

Tidak hanya itu, keberadaan uang mahar yang berhasil dihimpun dari anggota baru yang diajak almarhum Sumarno itu sekarang dimana, tidak ada yang tahu, termasuk Sutarni.

Diduga, uang mahar itu sudah diserahkan almarhum Sumarno kepada Taat Pribadi.

"Wajar kalau istri almarhum (Sumarno) sekarang shock, kehilangan suami, pencari nafkah keluaganya. Lebih menambah beban pikirannya lagi, suaminya meninggal dengan membawa uang mahar dari anggota baru yang tidak tahu jumlahnya,"katanya.

Sutarni, lanjut Sukadi, kini lebih banyak menangis dan mengurung diri dikamarnya.(*)
 

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas