Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasien Cuci Darah Meninggal, Begini Penjelasan Rumah Sakit Bumi Waras

Manajemen Rumah Sakit Bumi Waras membantah mesin pemasok daya ke mesin cuci darah mati sehingga pasien cuci darah Bramanto meninggal.

Penulis: Wakos Reza Gautama
Editor: Y Gustaman
zoom-in Pasien Cuci Darah Meninggal, Begini Penjelasan Rumah Sakit Bumi Waras
Banjarmasin Post
Mesin cuci darah 

Laporan Wartawan Tribun, Lampung Wakos Gautama

TRIBUNNEWS.COM, LAMPUNG - Manajemen Rumah Sakit Bumi Waras membantah mesin pemasok daya atau UPS ke mesin pencuci darah mati sehingga mengakibatkan Bramanto meninggal.

Bramanto (45) merupakan pasien penderita ginjal yang diminta dokter untuk cuci darah pada Selasa (18/10/20160 pagi. Baru 15 menit cuci darah, mesinnya mati dan asupan daya dari mesin pemasok daya tak berfungsi.

Direktur Pelayanan Medis Rumah Sakit Bumi Waras dr Arief Yulizar, memastikan mesin pemasok daya ke mesin cuci darah yang dipakai Bramanto hidup.

Baca: Baru 15 Menit Cuci Darah, Pasien Meninggal Akibat Mesinnya Mati

Ruangan Cuci Darah
Ruangan cuci darah Rumah Sakit Bumi Waras, Bandar Lampung, disegel polisi. Satu orang pasien meninggal dunia ketika menjalani cuci darah, mesinnya mati akibat lampu padam pada Selasa (18/10/2016) pagi. TRIBUN LAMPUNG/WAKOS REZA GAUTAMA

"Gensetnya juga hidup. Jadi ketika listrik padam dalam dua detik mesin cuci darah langsung hidup karena UPS hidup," kata Arief melalui sambungan telepon, Selasa (18/10/2016).

Arief menjelaskan, Bramanto sempat koma dan dirawat di ruang ICU selama dua hari. Hasil diagnosis, Bramanto menderita penyakit komplikasi seperti jantung dan ginjal.

BERITA TERKAIT

Bramanto menjalani cuci darah pertama beberapa hari lalu. "Setelah cuci darah pertama hasilnya bagus. Kondisi pasien membaik," sambung Arief.

Pasien kembali menjalani cuci darah pada Selasa (18/10/2016) pagi. Arief mengakui listrik dipadamkan pihak PLN saat itu.

"Listrik memang padam. Tapi UPS kami berfungsi baik sehingga dalam waktu dua detik mesin cuci darah sudah menyala," sambung Arief.

Baca: Pasien Sampai Meninggal, Polisi Segel Mesin Cuci Darah RS Bumi Waras

Menurut Arief, mesin genset juga berfungsi baik. "Jadi dalam tujuh detik mesin cuci darah kembali menyala karena genset hidup," kata dia.

"Jika memang UPS dan genset tidak menyala pasti 12 mesin cuci darah lainnya ikut mati ketika listrik padam. Tapi kenyataannya 12 mesin cuci darah lainnya hidup," Arief berkata sungguh-sungguh.

Arief menduga kematian Bramanto adalah serangan jantung karena sudah lemah.

Mengenai pernyataan keluarga korban tidak ada dokter jaga yang memberikan pertolongan, Arief memastikan saat itu ada tiga dokter piket yang siap sedia di rumah sakit.

Rumah Sakit Bumi Waras Bandar Lampung tidak mendapat pemberitahuan PLN akan adanya pemadaman listrik. Arief tak tahu tujuan penyidik Polda Lampung mendatangi rumah sakit.

Sumber: Tribun Lampung
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas