Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Efek Sidak Gubernur Ganjar, Begini Penampakan Seragam Petugas Samsat Magelang

'Tak Dipungut Biaya' tertempel di punggung seragam petugas cek fisik di Samsat Kota Magelang pasca Gubernur Ganjar menemukan polisi menarik pungli.

Editor: Y Gustaman

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sebuah foto petugas gesek kendaraan bermotor di Samsat Magelang, Jawa Tengah, menarik perhatian netizen. Dipunggung seragam mereka tertulis 'Tak Dipungut Biaya'.

Foto tersebut diunggah oleh pemilik akun Facebook Anton S. Pramono. Pada foto tersebut ditetapkan lokasinya berada di Samsat Kabupaten Magelang.

Pada foto itu diberi keterangan 'Sebuah kemajuan baik' oleh Anton, kemudian mendapatkan beberapa komentar dari jaringan pertemanannya.

petugas cek fisik Samsat Magelang
Petugas cek fisik kendaraan bermotor Samsat Magelang, Jawa Tengah. FACEBOOK ANTON S PRAMONO

Tulisan 'Tak Dipungut Biaya' tak terlepas dari hasil sidak Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang menemukan petugas polisi menarik pungutan liar saat melayani cek fisik kendaraan bermotor di Kantor Samsat, Kota Magelang, Rabu (5/10/2016).

Mengenakan kemeja batik, Gubernur Ganjar turun dari mobil Toyota Hiace yang berhenti di halaman Kantor Samsat Kota Magelang.

Ia kemudian bertanya kepada sejumlah warga yang sedang mengantre, biaya yang mereka keluarkan untuk mengurus pelayanan cek fisik tersebut. Seorang warga, Sugiharto (61), mengaku telah membayar Rp 50 ribu kepada seorang petugas.

Gubernur Ganjar kemudian meminta Sugiharto menunjukkan lokasi petugas yang menarik pungli darinya. Di sebuah ruangan akhirya petugas polisi berseragam muncul dan mengembalikan uang Sugiharto atas permintaan Ganjar.

BERITA TERKAIT

"Ini hanya salah paham kok pak, kita tidak minta," petugas polisi itu berkelit di hadapan Ganjar. Bagaimana nasib polisi yang menarik punglik kepada Sugiharto?

Informasi yang diperoleh dari sumber internal di Samsat Kota Magelang, polisi tersebut sudah dipindahtugaskan ke bagian lain.

Oknum itu diketahui belum lama bertugas di Samsat Kota Magelang, namun sudah tepergok menarik pungli kepada warga.

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas