Tribun

Warga Sulsel Diimbau Waspadai Potensi Banjir dan Tanah Longsor

BMKG Wilayah IV Makassar mengimbau kepada masyarakat Sulawesi Selatan agar mewaspadai potensi bencana pada musim hujan ini.

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Dewi Agustina
Warga Sulsel Diimbau Waspadai Potensi Banjir dan Tanah Longsor
youtube
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengimbau kepada masyarakat Sulawesi Selatan agar mewaspadai potensi bencana pada musim hujan ini.

Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV, Sujarwo mengatakan intensitas hujan yang mulai meningkat pada akhir Oktober ini berpotensi menyebabkan bencana alam banjir dan tanah longsor.

Beberapa daerah yang menurut Sujarwo harus waspada terhadap banjir yaitu Kota Makassar, Gowa, Maros, Pangkep, Luwu Raya, Wajo, Soppeng, dan sebagian daerah di Sulawesi Barat.

"Sementara untuk Kabupaten Enrekang dan Toraja, masyarakat diminta waspada terhadap ancaman tanah longsor," kata Sujarwo, Senin (24/10/2016).

Sujarwo juga berpesan kepada masyarakat daerah pesisir khususnya yang bekerja sebagai nelayan agar berhati-hati terhadap tinggi gelombang.

"Sedikit ada peningkatan tinggi gelombang, sekitar 0,75 sampai 1,5 meter. Itu masih normal, tapi perlu diwaspadai karena jika puncak angin barat bertiup, itu bisa mencapai 2 hingga 3 meter, dan sangat berbahaya," ujarnya.

Ia berharap agar para nelayan tak selalu memikirkan masalah ekonomi semata, namun juga masalah keselamatannya.

"Semua pihak harus mengutamakan keselamatan daripada faktor ekonomi. Kalau sedang seperti ini yah tidak usah melaut dulu karena pertimbangan keselamatan," kata Sujarwo.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas