Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kaltara Kekurangan 3.000 Guru, Begini Respon Mendikbud

Jumlah kekurangan guru di Kalmantan Utara mencapai 3.000 orang untuk mengajar di lima kabupaten atau kota.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Kaltara Kekurangan 3.000 Guru, Begini Respon Mendikbud
Tribun Kaltim/Muhammad Arfan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyapa siswa-siwa SD Negeri 010 Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Selasa (1/11/2016). TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Persoalan mendasar pendidikan di Kalimantan Utara adalah ketersediaan tenaga guru. Saat ini dibutuhkan banyak guru untuk mengajar di Kaltara.

Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie, mengatakan provinsi termuda ini membutuhkan guru. Jumlah kekurangan guru di Kaltara mencapai 3.000 orang untuk mengajar di lima kabupaten atau kota.

Jumlah guru yang ada saat ini, Irianto menambahkan, baru mencapai 8.250 guru dari seluruh satuan pendidikan seperti PAUD, SD, SMP, dan SMA atau SMK.

"Di Bulungan saja kekurangan 500 guru. Menyiasatinya, Pemkab Bulungan mengontrak 400 guru. Jika anggaran defisit, untuk membayar tunjangannya agak berat,” ujar Irianto di Auditorium Universitas Kaltara, Selasa (1/11/2016).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat diwawancarai Tribun Kaltim mengungkapkan, pemerintah saat ini tengah mencari solusi untuk mengatasi minimnya jumlah guru di daerah.

Sebagai langkah awal, Kemendikbud sudah mengusulkan sedikitnya 6.000 formasi guru yang akan ditempatkan di daerah perbatasan, terluar, terpencil, dan pedalaman.

BERITA TERKAIT

“Akan kita angkat guru P3T, jumlahnya mencapai 6.000 guru. Kini tengah diproses di Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara. Kalau di Kemendikbud sudah final. Kita berdoa semua, semoga bisa terpenuhi,” ujar Muhadjir.

Irianto juga melaporkan jumlah sekolah di Kaltara mencapai 8.250 unit dengan rincian 537 PAUD, 448 SD, 152 SMP, 4 SLB, 56 SMA, dan 27 SMK.

Sedikitnya masih ada 525 guru yang mengajar belum mengantongi ijazah S1 sebagaimana standar kualifikasi guru yang dipersyaratkan pemerintah.

Secara umum problematika pendidikan di Kaltara dipengaruhi beberapa hal seperti geografis, disparitas wilayah, dan fasilitas pendidikan yang belum memadai.

Sumber: Tribun Kaltara
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas