Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kepala Desa Mulya Mekar Kaget Dilantik di Aliran Sungai Citarum

Kepala Desa Mulya Mekar yang baru terpilih dilantik Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di atas aliran Sungai Citarum pada Senin (14/11/2016).

Editor: Y Gustaman
zoom-in Kepala Desa Mulya Mekar Kaget Dilantik di Aliran Sungai Citarum
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melantik Kepala Desa Mulya Mekar yang baru terpilih, H Ampih, di atas aliran Sungai Citarum, Senin (14/11/2016). TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.CO.ID, PURWAKARTA - Kepala Desa Mulya Mekar yang baru terpilih dilantik Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di atas aliran Sungai Citarum pada Senin (14/11/2016).

Pantauan Tribun Jabar, kades bernama H Ampih dilantik di atas kapal boat milik Satpol Air Polres Purwakarta.

Kondisi aliran Sungai Citarum cukup tinggi, karena terkait dengan buangan air dari Bendungan Ir H Juanda saat ini sebesar 450 meter kubik per detik.

Pelantikan itu juga disaksikan para Direktur Perum Jasa Tirta II Jatiluhur selaku opertor bendungan terbesar di Jawa Barat tersebut.

"Sengaja dilantik di kapal boat di Sungai Citarum ini sekaligus mengingatkan kades sebagai ujung tombak pemerintah di level desa untuk sadar lingkungan," ujar Dedi.

Menurut Dedi kades tidak boleh sembarangan memberikan izin perumahan di daerah yang sekiranya dilarang untuk perumahan. Lalu tanah desa yang berfungsi sebagai resapan dilarang untuk dibeton.

BERITA TERKAIT

"Lalu kewajiban kades yang harus menjaga rumah ramah lingkungan dan kewajiban pelayanan publik pada masyarakat," sambung Dedi.

Sekilas, tugas itu sulit. Namun, menurut Dedi itu mudah tergantung dari tekad kuat sang kades untuk memberikan pelayanan pada masyarakat.

"Kata siapa tugas itu sulit? Mudah kok, apa yang saya tugaskan itu semuanya membutuhkan rekomendasi kades, sekarang tinggal kadesnya harus kuat mental," ujar dia.

Sang kades terkaget-kaget saat akan dilantik di atas kapal boat di aliran sungai. Apalagi, aliran Sungai Citarum tengah meninggi.

"Kaget, saya tidak menyangka dilantik di atas sungai. Tapi ini akan memacu saya untuk bisa bertugas dengan baik selaku kades," ujar dia.

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas