Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Alwi Hasan, Selalu Senang Ciptakan Lagu Salawat

Siapa yang menyangka di balik kesederhanaannya, Alwi Hasan pernah tersohor di Malaysia. Pria asal Malang ini menciptakan lagu untuk banyak penyanyi.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Alwi Hasan, Selalu Senang Ciptakan Lagu Salawat
Surya/Sany Eka Putri
Alwi Hasan menunjukkan beberapa album lagu ciptannya tahun 1970-an hingga 1990-an kepada Surya, Sabtu (19/11/2016). SURYA/SANY EKA PUTRI 

Laporan Wartawan Surya, Sany Eka Putri

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Alwi Hasan (69) sangat sibuk saat suryamalang.com bertamu ke rumahnya di Jalan Jakarta Dalam, Kota Malang, Sabtu (19/11/2016).

Dia sedang menyelesaikan lagu pesanan produser yang bercerita tentang kasus Dimas Kanjeng Taat Pribadi, dukun pengganda uang asal Probolinggo, yang telah menipu banyak orang.

Alwi mengaku sudah menyiapkan judul lagu baru tersebut, yaitu Tipuan Dimas Kanjeng. Hanya satu jam baginya untuk membuat syair lagu tersebut, memanfaatkan kejadian.

Baca: Alwi Hasan Bocorkan Syair Lagu Soal Dimas Kanjeng, Berikut Wawancaranya

Lagu ini sudah siap rekam. Sekarang produser sedang mencari penyanyi yang cocok menyanyikan lagu tersebut. “Saya hanya membuat syairnya,” cerita Alwi.

Alwi jarang tampil di media. Dia sibuk menciptakan lagu yang dinyanyikan artis ternama Indonesia, seperti Rhoma Irama, Emilia Contesa, Camelia Malik, dan sebagainya.

Lagu ciptaannya juga dinyanyikan penyanyi asal negeri jiran Malaysia.

BERITA TERKAIT

Beberapa prestasi sudah didapat Alwi berkat lagu ciptaannya. Ia jawara Lomba Cipta Lagu Dangdut Tingkat Nasional 1995, dan Lomba Cipta Lagu Dangdut Tingkat Nasional 1998.

Tak hanya mahir membuat syair dalam bahasa Indonesia, Alwi juga menang Lomba Cipta Lagu Jawa pada 2000.

Sedikitnya sudah 600 lagu Alwi ciptakan. Di Malaysia nama Alwi terkenap era 1970-an. Lagu ciptaannya dinyanyikan penyanyi Malaysia, Datuk M Daud Kilau.

“Saya selalu memenuhi permintaan membuat lagu salawat. Menurut saya, menciptakan lagu salawat pahalanya banyak,” terang pria kelahiran 21 Januari 1947 ini.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas