Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Dia Sutradara Video Mannequin Challenge Polres Brebes saat Operasi Zebra Candi 2016

Pernah lihat mannequin challenge saat Operasi Zebra 2016? Lihat video yang dibuat jajaran Satlantas Polres Brebes yang kini jadi viral itu.

Editor: Y Gustaman

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,BREBES - Video Mannequin Challenge saat Operasi Zebra Candi 2016 Satlantas Polres Brebes viral di media sosial. Sudah puluhan ribu orang menonton video yang menampilkan polisi dan pengendara lalu lintas itu mematung.

Kasatlantas Polres Brebes, AKP Arfan Zulkan Sipayung, sang sutradara menyatakan video tersebut dibuat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Dengan video itu dalam Operasi Zebra Candi, jajaran Satlantas Polres Brebes mengedepankan langkah preventif dan represif terhadap pelanggar," ucap Arfan pada Senin (21/11/2016).

Ia mengatakan dalam pembuatan video itu, Satlantas Polres Brebes juga melibatkan pelajar dan masyarakat umum.

Video itu menampilkan petugas kepolisian melakukan razia dan menindak pengendara yang tidak memakai helm, pelat nomor palsu, pelat nomor yang tidak terpasang dan sejumlah kelengkapan berkendara lainya.

Selain itu, kata dia, video itu juga menampilkan adegan petugas Satlantas menindak tegas mobil pikap yang diketahui mengangkut penumpang orang.

BERITA TERKAIT

Menurutnya, mobil pikap tidak boleh digunakan untuk mengangkut penumpang, karena melanggar Undang-Undang No 22 tahun 2009 tentang pelanggaran lalu lintas.

"Bagaimana modus-modus pelanggaran tata tertib lalu lintas kami rekayasakan dalam adegan mannequin challange," ujar dia.

Ia menjelaskan, untuk membuat video berdurasi sekitar lima menit itu, membutuhkan waktu tak sampai lima jam. Usai pengambilan video kemudian langsung diedit.

Dalam pengambilan gambar, ia juga menggunakan drone. Ia berharap cuplikan video viral memberikan manfaat dan pengetahuan tambahan bagaimana tertib berlalu lintas di jalan raya.

"Kalau masyarakat tertib berlalu lintas, angka kecelakaan lalu lintas juga pasti turun," imbuh dia.

Selain diunggah di akun media sosial Facebook, video itu juga diunggah di akun Instagram, YouTube, dan Twitter milik Satlantas Polres Brebes.

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas