Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wagub Sulsel Dukung Pembangunan Bandara Buntu Kuni

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang mendukung proyek pembangunan Bandara Buntu Kuni di Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Wagub Sulsel Dukung Pembangunan Bandara Buntu Kuni
Tribun Timur/Sanovra
Tim Tribun Timur Celebes Explorer 2016 mengabadikan landasan pacu Bandara Pongtiku di Kecamatan Rantetayo, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Sabtu (28/5/2016). TRIBUN TIMUR/SANOVRA 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Yultin Rante

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang mendukung proyek pembangunan Bandara Buntu Kuni di Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja.

"Dari dulu saya yang perjuangkan bandara baru. Karena Bandara Pongtiku yang ada sekarang tidak bisa dikembangkan lagi," kata Agus kepada Tribun Timur melalui pesan WhatsApp, Rabu (23/11/2016).

Ketua Indonesian Offroader Federation (IOF) Sulsel ini turut menyayangkan sejumlah orang yang mengaku dari Aliansi Masyarakat Transparansi Indonesia, berunjukrasa menolak proyek pembangunan Bandara Buntu Kuni di depan Kementerian Perhubungan di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

"Bandara Pongtiku tidak bisa lagi dikembangkan karena lokasi dan aspek keselamatan penerbangan, sehingga harus dipindahkan," imbuh Agus.

Ia meminta ada pihak yang memberikan pemahaman kepada AMTI terkait pentingnya Bandara Buntu Kuni, karena bisa menjadi pintu masuk destinasi wisata di Toraja.

Keberadaan Bandara Buntu Kuni dipercaya dapat melayani penumpang dari dan ke Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, dan Kabupaten Enrekang.

BERITA REKOMENDASI

Pembangunan ini rencananya dibiayai APBN 2015 senilai Rp 258 milyar dan akan dilanjutkan setelah disetujui oleh Pemerintah Pusat pada APBN tahun 2017 Rp 300 miliar.

"Kita bisa melihat Bandara Bua di Luwu sekarang sudah didarati pesawar ATR dengan kapasitas 60-70 penumpang, dan bisa memangkas waktu tempuh dari delapan jam naik mobil, menjadi 40 menit dengan pesawat," ungkap Agus.

Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas