Tribun

Kebakaran di RSI Surabaya Hanya Melanda Gudang Arsip

Kebakaran Rumah Sakit Islam (RSI) Wonokromo di Jl A Yani Surabaya, Kamis (1/12/2016) malam, hanya terjadi di bagian gudang arsip.

Penulis: Fatkul Alamy
Editor: Dewi Agustina
Kebakaran di RSI Surabaya Hanya Melanda Gudang Arsip
Surya/Fatkul Alamy
Pasien rawat inap Rumah Sakit Islam (RSI( Surabaya Jl A Yani Surabaya ketika dievakusi ke luar ruangan, Kamis (1/12/2016) SURYA/FATKUL ALAMY 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Kebakaran Rumah Sakit Islam (RSI) Wonokromo di Jl A Yani Surabaya, Kamis (1/12/2016) malam, hanya terjadi di bagian gudang arsip.

Api akhirnya mampu dipadamkan petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Pemkot Surabaya, Jumat (2/11/2016) dini hari.

Dirut RSI Surabaya dr Samsul Arifin mengatakan, kebakaran diketahui terjadi sekitar pukul 23.00 WIB di bagian belakang yang merupakan gudang arsip.

"Itu ruang gudang arsip yang sudah terpakai di lantai dua. Kebakaran tidak sampai meluas," kata dr Samsul Arifin, Jumat (2/12/2016) dini hari.

dr Samsul Arifin mengatakan sebenarnya pihaknya sudah berupaya melakukan pemadaman pakai alat pemadam api ringan milik rumah sakit hingga 10 tabung. Tapi gagal memadamkan api.

Selain melakukan tindakan pemadaman, pegawai dan perawat RSI melakukan evakuasi pasien, terutama pasien yang lokasi perawatannya paling dekat dengan gudang arsip.

"Tidak semua dievakuasi keluar, hanya sekitar 20 pasien," jelasnya.

dr Samsul Arifin sangat berterima kasih terhadap langkah cepat petugas pemadam kebakaran Pemkot Surabaya. Dengan tujuh mobil pemadam yang dikerahkan, akhirnya api bisa dijinakkan.

"Saya bersyukur dan berterima kasih kepada petugas kebakaran, karena api tidak meluas ke bagian lain," kata Dr Samsul Arifin.

Setelah api padam dan dinyatakan aman, puluhan pasien yang dievakusi keluar dimasukkan kembali ke ruang inap.

Dugaan sementara, penyebab kebakaran karena korsleting atau hubungan arus pendek di gudang arsip. Tapi penyebab terjadinya kebakaran masih diselidiki polisi. (fat)

Sumber: Surya
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas