Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Batang Peringkat Dua Kabupaten di Jateng yang Peduli HAM

Kabupaten Batang meraih penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia 2015 yang langsung diserahkan Menteri Hukum dan HAM.

Penulis: Muh Radlis
Editor: Y Gustaman
zoom-in Batang Peringkat Dua Kabupaten di Jateng yang Peduli HAM
youtube
Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo, berada di balik kemudi mobil pemadam kebakaran. Itu dalam rangka peluncuran aplikasi 'Si Slamet' di Pendopo Kabupaten Batang, Kamis (1/9/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Radlis

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Kabupaten Batang meraih penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia 2015 yang langsung diserahkan Menteri Hukum dan HAM.

Menkumham Yasonna Laoly memberikan penghargaan ini untuk Kabupaten Batang bersama 227 Kabupaten/Kota se Indonesia pada 8 Desember 2016 lalu di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Kepala Bagian Hukum Setda Batang, Agus Jailani Mursidi, mengatakan penilaian tersebut didasarkan pada penghormatan, pemajuan, pemenuhan, penegakan dan perlindungan atas lima hak manusia.

Kelima hak manusia tersebut yakni hak hidup, hak mengembangkan diri, hak kesejahteraan, hak atas rasa aman dan hak perempuan.

"Selama periode penilaian dari Januari hingga Desember 2015, 13 dari 16 indikator berhasil dipenuhi Kabupaten Batang. Kabupaten Batang mendapat nilai rata rata 83,75 masuk kategori peduli, peringkat dua di tingkat Jawa Tengah," kata Agus, Senin (26/12/2016).

Sebanyak 10 dari 13 indikator penilaian yang dipenuhi Kabupaten Batang mendapat nilai sempurna.

BERITA TERKAIT

Indikator yang dimaksud yaitu rendahnya angka kematian ibu, bayi, rendahnya persentase anak usia tujuh sampai 12 tahun yang belum memperoleh pendidikan dasar, rendahnya persentase penyandang buta aksara, penyediaan air bersih, rendahnya angka pengangguran, rendahnya persentase jumlah anak jalanan, rendahnya kekerasan terhadap perempuan dan terakhir rendahnya persentase keluarga yang belun mendapat akses jaringan listrik.

Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo, mengatakan pencapaian ini berkat dukungan seluruh warga Kabupaten Batang.

"Prestasi ini berkat dukungan dari semua pihak dan kerja sama warga Kabupaten Batang yang mempunyai komitmen bersama untuk kemajuan Batang. Membawa Kabupaten Batang lebih nyaman, tentram dan kondusif. Semuanya untuk kesejahteraan masyarakat Batang," kata Yoyok.

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas