Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Arus Balik Liburan, 31 Ribu Kendaraan Padati Jalan Tol Via GT Cikarang Utama

Sepanjang ruas tol Japek, kendaraan didominasi kendaraan pribadi atau jenis minibus. Sebagian lagi bus antar kota.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Arus Balik Liburan, 31 Ribu Kendaraan Padati Jalan Tol Via GT Cikarang Utama
TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Kepadatan lalu lintas di arus balik libur tahun baru 2017, terjadi di sepanjang ruas tol Jakarta-Cikampek (Japek), Senin (2/1/2017).

Pantauan Tribun, kepadatan terjadi sejak KM. 66 arah Jakarta atau setelah ruas Tol Cipularang. Hingga KM 50, kepadatan masih terjadi.

Meski begitu, kendaraan bisa melaju dengan kecepatan tidak lebih dari 40 km per jam.

Sepanjang ruas tol Japek, kendaraan didominasi kendaraan pribadi atau jenis minibus. Sebagian lagi bus antar kota.

Dari tiga lajur, semuanya dipenuhi berbagai kendaraan. Kepadatan ini diprediksi hingga Gerbang Tol Cikarang Utama di KM 30.

Salah satu penyebab kemacetan, selain tingginya volume kendaraan, juga banyaknya kendaraan menuju rest area dan menimbulkan antrean panjang hingga mendekati jalur utama.

Data yang diterima dari PT Jasa Marga, volume lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama arah Jakarta pada pukul 06.00 – 13.00 WIB yaitu sebesar 31 ribu kendaraan, meningkat 19% dari lalu lintas harian normal sebesar 26 ribu kendaraan.

BERITA REKOMENDASI

"Kami juga mengoptimalisasi gardu Exit sebanyak 17 Gardu Reguler dan 4 GTO. Llu reversibe 4 Gardu yang dioperasikan ketika mengalami kepadatan. Dalam kondisi darurat untuk meningkatan kapasitas transaksi di gerbang tol dilakukan optimalisasi kapasitas GTO, yaitu dengan mekanisme transaksi non tunai pada GTO menjadi transaksi tunai atau tapping e-Toll yang dilakukan petugas pengumpul tol," ujar AVP PT Jasa Marga, Dwimawn Heru melalui pesan singkatnya. (men)

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas