Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nusron Wahid: Ulama Berperan Penting Tangkal Radikalisme

"Gerakan radikal di beberapa negara patut diantisipasi. Kalau sudah mentok begini, peran ulama sebagai kuncinya," kata Nusron.

Penulis: Muh Radlis
Editor: Y Gustaman
zoom-in Nusron Wahid: Ulama Berperan Penting Tangkal Radikalisme
Capture Youtube
Sejumlah nama dari tim sukses Ahok dan Djarot telah diserahkan ke KPU DKI Jakarta. Namun, tidak terdapat nama-nama dari Teman Ahok dan Nusron Wahid yang dulu sempat menjadi ketua tim sukses Ahok saat belum diusung partai. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Muh Radlis

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Ketua GP Ansor, Nusron Wahid, ikut menghadiri Silaturahmi Nasional Ulama, TNI dan Polri di Gedung Pertemuan Umum Kabupaten Pekalongan, Sabtu (7/1/2017).

Ditemui di sela kegiatan, Nusron mengatakan kegiatan seperti ini sangat penting dilakukan melihat kondisi global saat ini yang sedikit banyak Indonesia harus mampu menyikapinya.

Menurut Nusron, terjadi perubahan peta baru tantangan umat Islam akibat perubahan global ini.

"Gerakan radikal di beberapa negara patut diantisipasi. Kalau sudah mentok begini, peran ulama sebagai kuncinya," kata Nusron.

Peran ulama yang dimaksud Nusron adalah mentransformasi nilai keagamaan.

"Agama Islam sarat dengan nilai kemanusiaan. Ini yang perlu ditransformasikan. Berbicara Indonesia berarti kita berbicara kemajemukan, sebagai umat mayoritas harus mengayoni yang lain. Itulah maknanya," ia menambahkan.

BERITA TERKAIT

Dia mencontohkan kasus konflik di Suriah. Menurutnya, konflik yang ada di Suriah merupakan konflik lokal yang dikampanyekan sebagai perang antara Syiah dan Sunni.

"Lalu kampanye itu dibawa ke Indonesia, itu tidak relevan," kata dia.

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas