Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pangdam I Bukit Barisan: Riau Harus Bebas Asap 2017

Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen Lodewyk Pusung, menegaskan pada 2017 haram ada asap di Riau.

Penulis: Budi Rahmat
Editor: Y Gustaman
zoom-in Pangdam I Bukit Barisan: Riau Harus Bebas Asap 2017
TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY
Tim gabungan berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan di kawasan Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Senin (29/8/2016). Dalam pemadaman tersebut, seluruh Helikopter Water Bombing yang ada di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dikerahkan, termasuk air tractor. Kendala yang masih ditemui petugas di lokasi adalah kurangnya sumber air untuk memadamkan api. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Budi Rahmat

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU - Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen Lodewyk Pusung, menegaskan pada 2017 haram ada asap di Riau.

Penegasan tersebut disampaikan Pangdam di hadapan Gubenur Riau, Kapolda Riau, Danrem 031 Wirabima serta unsur Forkopimpda di Korem 031/Wirabima, Pekanbaru, Rabu (11/1/2017).

"Apapun akan saya lakukan. Siapa pun yang lawan saya akan lakukan. Tahun 2017 Riau haru bebas asap," Pangdam menegaskan ucapannya.

Ditambahkanya, upaya untuk membebaskan Riau dari asap akibat kebakaran hutan dan lahan koordinasi sudah dilakukan dengan Pemerintah Provinsi Riau.

Penegasan Pangdam disambut positif Gubenur Riau, Arsyadjuliandi Rachman. Pemprov Riau segera membentuk Satgas Antisipasi Kebakaran Lahan dan Hutan.

"Upaya pembentukan satgas sudah direncanakan. Apa yang sudah kita perbuat pada 2016 terkait upaya penanggulangan kebakaran lahan dan hutan akan kita sempurnakan pada 2017," ujar Gubenur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

BERITA TERKAIT

Terkait penegakan hukum, Kapolda Riau Irjen Zulkarnain Adi Negara menegaskan akan menyikat semua pihak yang membakar lahan dan hutan di Riau.

"Penegakan hukumnya jelas. Yang melakukan pembakaran lahan dan hutan akan kita proses secara hukum. Apalagi koorporasi," tegas Zulkarnain. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas