Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sulsel hingga Pertengahan Februari

Hujan dan angin kencang yang terjadi di Sulsel beberapa hari terakhir diperkirakan masih akan terjadi hingga pertengahan Februari 2017 mendatang.

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sulsel hingga Pertengahan Februari
TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW
Tim SAR, anggota Kepolisian, bersama warga mengamankan pohon tumbang yang mengganggu lalu lintas di jalan Ahmad Yani, Kecamatan Sario, Kota Manado, Sulawesi Utara, Minggu (8/1/2017). Menurut pusat BMKG Sulawesi Utara cuaca buruk yang melanda Provinsi Sulawesi Utara sejak awal Desember sudah memasuki kondisi ekstrim dimana curah hujan dan angin kencang makin meningkat di permulaan tahun 2017 tepatnya di awal bulan Januari. TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Hujan dan angin kencang yang terjadi di Sulsel beberapa hari terakhir diperkirakan masih akan terjadi hingga pertengahan Februari 2017 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV, Sujarwo, Minggu (29/1/2017).

Menurutnya pada Januari sampai April ini, wilayah Sulsel masih masuk musim hujan.

"Sampai awal Februari nanti intensitas hujan masih cukup lumayan, artinya belum ada penurunan, nanti di pertengahan Februari kemungkinan baru ada penurunan intensitas," kata Sujarwo.

Ia mengatakan, pada periode tersebut masih akan terus terjadi hujan mulai intensitas sedang sampai lebat.

Tak hanya hujan deras, Sujarwo mengatakan potensi angin kencang juga masih akan terjadi.

BERITA REKOMENDASI

Baca: Harsoyo Janji Antar Langsung 16 Panitia Diksar ke Polres untuk Diperiksa

"Angin ini masih cukup lumayan juga, artinya potensi angin kencang juga masih ada di Sulsel karena awan-awan yang berada di Sulsel ini awan yang menimbulkan angin," kata dia.

Ia menjelaskan, durasi angin kencang tidak berlangsunglama, hanya saja kecepatannya yang berpotensi menimbulkan bencana.

"Durasi anginnya tidak lama, hanya saja karena kecepatannya yang di atas 40 km per jam, antara 50 sampai 70, itu cukup untuk merusak seperti rumah dan menumbangkan pohon-pohon," kata dia.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk tetap waspada akan potensi musibah yang bisa ditimbulkan hujan dan angin kencang tersebut.

"Imbauan kita, tetap waspada, siaga selalu, karena memang di akhir Januari sampai awal Februari intensitas cukup lebat, dan waspada juga terhadap angin dan petir," kata dia.

Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas