Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Gempa Tak Berefek pada Danau Toba dan Sinabung

Gempa bumi di Sumatera Utara sejak Januari hingga Februari dipastikan tak berefek pada Danau Toba dan Gunung Sinabung.

Gempa Tak Berefek pada Danau Toba dan Sinabung
Tribun Medan/Array A Argus
Kepala Pusat Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, mengatakan setiap tahunnya terjadi pergeseran 70 milimeter lempengan di Sumatera, Rabu (15/2/2017). TRIBUN MEDAN/ARRAY A ARGUS 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Array A Argus

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Gempa bumi di Sumatera Utara sejak Januari hingga Februari sudah lebih dari ratusan kali, tapi tak berdampak pada aktivitas Danau Toba dan Gunung Sinabung.

"Agar masyarakat tidak resah dan termakan isu hoax, kami jelaskan gempa bumi ini tidak ada kaitannya dengan Danau Toba. Ada isu gempa ini berefek pada pergerakan Danau Toba. Kami tegaskan itu tidak benar," ungkap Kepala Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Syahnan, Rabu (15/2/2017).

Masyarakat diminta mencermati setiap informasi di media sosial. Jika ada informasi yang kurang dimengerti alangkah baiknya mencari tahu di situs BMKG.

Baca: BMKG Medan Sebar 12 Sensor Pantau Gempa Bumi

Baca: BMKG Medan Pastikan Lempeng Tektonik Bergeser Tiap Tahunnya

"Dampak pada Gunung Sinabung juga tidak ada. Mohon tidak panik saat mendapatkan informasi menyangkut gempa ini," Syahnan menegaskan.

Hasil analisis BMKG, gempa dipicu karena adanya patahan di sepanjang Sumatera mulai Aceh hingga Bangka. Meski demikian gempa di Aceh tidak berpotensi tsunami.

"Efek gempa ini secara tidak langsung akan mengakibatkan longsor. Kemudian, bisa juga menimbulkan keretakan tanah terutama di areal titik gempa," kata dia.

Penulis: Array Anarcho
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Medan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas