Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rano Karno dan Wahidin Halim Klaim Kemenangan

Perolehan suara WH-Andika sedikit di atas 50 persen. Sedangkan sisanya merupakan suara suara yang diraup Rano-Embay.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Rano Karno dan Wahidin Halim Klaim Kemenangan
Warta Kota/Andika Panduwinata
Rano Karno di Media Center Rano - Embay, Jalan Pulau Dewa 3 Blok Q1 Nomor 14 Kelurahan Kelapa Indah, Tangerang pada Rabu (15/2) siang. 
  • TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG -- Persaingan ketat pada perolehan suara terjadi  antara Gubernur Banten petahana, Rano Karno, dan penantangnya, Wahidin Halim (WH). Keduanya saling klaim memenangkan Pemilihan Gubernur Banten yang dihelat, Rabu (15/2).

Wahidin yang berpasangan dengan Andika Hazrumy menyatakan, kubunya berada di atas angin. Hasil hitung cepat dari berbagai lembaga survei menempatkan Wahidin-Andika sebagai jawara Pilgub Banten 2017.

"Hasil hitung cepat di TV One, I News, dan Metro TV, kami menang," ujar WH dalam jumpa pers di kediamannya di Pinang, Kota Tangerang, Rabu sore.

Hasil hitung cepat beberapa lembaga survei menunjukkan Wahidin-Andika unggul dari petahana Rano Karno yang berpasangan dengan Embay Mulya. Perolehan suara WH-Andika sedikit di atas 50 persen. Sedangkan sisanya merupakan suara suara yang diraup Rano-Embay.

Hasil itu cepat itu menunjukkan bahwa selisih perolehan suara antara WH-Andika dan Rano-Embay hanya sekitar satu persen.

Selisih suara yang tipis ini membuat kubu Rano-Embay percaya diri bahwa mereka-lah yang memenangkan Pilgub Banten 2017.

WH percaya diri kubunya lebih unggul daripada kubu lawan. "Bukan tipis dari perolehannya, tapi yang penting keunggulannya, berapa pun selisihnya," katanya.

WH pun mengucap syukur atas keunggulannya itu. Mantan Wali Kota Tangerang itu juga berterima kasih kepada masyarakat Banten dan para pendukungnya. "Insya Allah saya menjadi Gubernur yang amanah," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Kemeriahan terjadi saat penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) di dekat rumah Wahidin Halim. Di TPS 2 Kelurahan Pinang itu pula, Wahidin Halim menyalurkan suaranya.

"Berdasarkan penghitungan yang disaksikan para warga dan saksi dari kedua kubu, Pak Wahidin menang dengan 531 suara," ujar Ketua TPS 2, Sayuti, Rabu siang.

Hasil itu menunjukkan Wahidin menang telak di TPS di dekat rumahnya. Menurut Sayuti, dari total 741 pemilik suara, hanya 553 pemilih yang datang memberikan suaranya.

"Pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya, mengajukan berbagai alasan, ada yang karena harus bekerja, ada juga yang apatis. Tapi kebanyakan adalah mahasiswa yang kuliah di luar kota," ucapnya.

Di tempat berbeda, Rano Karno-Embay Mulya juga turut menggelar konferensi pers. Ahmad Basarah, Ketua Tim Pemenangan Rano-Embay menyatakan, kubunya unggul dalam hasil hitung cepat sementara yang dilakukan KPU Banten.

"Memang banyak versi hasil hitung cepat. Tapi berdasar perhitungan cepat KPU Banten, kami unggul. Di Kabupaten Tangerang saja pasangan Rano-Embay menang 70 persen," ungkap Basarah di Rano-Embay Center di Kelapa Indah, Tangerang.

Ketika hadir markas tim pemenangan, Rano Karno juga optimis dirinya mengalahkan WH-Andika. Terlebih lembaga survei Indobarometer menyatakan bahwa Rano-Embay unggul dalam pemungutan suara. (warta kota)

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas