Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Air Mancur Sri Baduga Masuk Lima Besar Tujuan Wisata di Indonesia

Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta masuk kategori top five even wisata Indonesia pada 2017 selain Bali dan sekitarnya.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Air Mancur Sri Baduga Masuk Lima Besar Tujuan Wisata di Indonesia
Tribun Jabar/Mega Nugraha
BERJUBEL - Warga berjubel menyaksikan pertunjukan Air Mancur Sri Baduga yang dapat menari di Kabupaten Purwakarta, Sabtu (18/2/2017) malam. TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, PURWAKARTA - Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta masuk kategori top five even wisata Indonesia pada 2017 selain Bali dan sekitarnya.

"Air Mancur Sri Baduga ini jadi top five destinasi terbaik di Indonesia," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya seusai meresmikan Air Mancur Sri Baduga Tahap III di Purwakarta, Sabtu (18/2/2017) malam.

Ia hadir mewakili Presiden RI Joko Widodo yang berhalangan hadir. Presiden beberapa hari sebelumnya merencanakan menghadiri destinasi wisata yang semalam dihadiri puluhan ribu warga tersebut.

"Kelak insya Allah, jika tidak ada halangan, saya akan mengajak Bapak Presiden datang dan menyaksikan langsung air mancur hebat ini," Arief menambahkan.

Ia terkejut dengan pembangunan air mancur karena kehadirannya diyakini terbesar di Asia Tenggara ini berada di tengah-tengah pasar wisata terbesar, Jakarta dan Bandung, yang dihubungkan Tol Cipularang sepanjang 150 kilometer. Purwakarta, tepat berada di tengah-tengahnya.

terowongan air mancur sri baduga
TEROWONGAN - Terowongan air mancur di Taman Situ Buleud Purwakarta melengkapi pembangunan Air Mancur Sri Baduga tahap III yang diresmikan Menteri Pariwisata Arief Yahya pada Sabtu (18/2/2017) malam. TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA

"Ini membanggakan karena wisata air mancur ini dibangun dengan napas kebudayaan tanah air. Itu wajar karena Pak Bupati menyabet predikat Maestro Seni Tradisi dari Mendikbud belum lama ini," kata dia.

BERITA TERKAIT

Menurut Arief Purwakarta harus bisa menargetkan 1 juta wisatawan. Ia berasumsi, satu orang wisatawan akan membawa bekal Rp 1 juta.

"Satu wisatawan membawa uang Rp 1 juta ke Purwakarta. Jika satu juta wisatawan, uang berputar bisa Rp 1 triliun. Karenanya, Purwakarta harus tetap berinovasi," ujar Arief.

Pengunjung bisa menuju Purwakarta melalui KM 72 dan 84 Tol Cipularang. Sangat strategis karena hanya satu jam perjalanan dari Jakarta atau Bandung.

"Makanya Pak Dedi harus memanfaatkan kesempatan itu," Arief menambahkan.

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas