Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puluhan Truk Pasir Terkubur di Kali Woro

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Klaten, Sabtu (25/2/2017) berdampak longsornya tebing di aliran Kali Woro, Kemalang.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Puluhan Truk Pasir Terkubur di Kali Woro
tribun jogja

Laporan Reporter Tribun Jogja, Angga Purnama

TRIBUNNEWS.COM, KLATEN - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Klaten, Sabtu (25/2/2017) berdampak longsornya tebing di aliran Kali Woro, Kemalang.

Akibatnya, puluhan truk armada angkutan pasir terjebak di aliran sungai berhulu Gunung Merapi.

Informasi yang diterima Tribun Jogja, hujan mengguyur lereng Gunung Merapi sejak Sabtu siang hingga sore dengan intensitas relatif deras.

Kondisi tersebut membuat tebing aliran Kali Woro, tak jauh dari Cek Dam 1 Karangbutan, Desa Sidoreji, Kecamatan Kemalang longsor lantaran tak mampu menahan guyuran hujan.

Akibatnya, akses armada angkutan pasir tertimbun longsoran. Sementara di sisi lain, hujan deras juga menimbulkan banjir material atau lahar hujan di dekat titik longsor.

Camat Kemalang, Pri Harsanto mengatakan kondisi ini membuat 24 unit truk angkutan pasir terjebak di aliran Kali Woro. Meski terjebak, sopir truk dalam kondisi aman.

BERITA REKOMENDASI

"Sopir truk kondisinya aman. Armada hanya terjebak belum sampai tertimbun material," ungkapnya, Minggu (26/2/2017).

Menurutnya truk terjebak hingga semalaman. Material longsoran yang menutup akses di sisi timur belum dapat dipindahkan lantaran kondisi cuaca buruk.

"Hingga malam, kondisinya hujan dan sehingga material longsor tebing belum dapat dipindahkan. Pemindahan material baru dapat dilakukan Minggu pagi," paparnya.

Pemindahan material dilakukan dengan bergotongroyong oleh para penambang hingga akhirnya armada truk pasir berhasil keluar dari aliran sungai. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas