Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kemenkop dan UKM Optimalkan Peran PLUT KUMKM

Gedung PLUT KUMKM tersebut akan dihibahkan kepada Pemerintah Daerah menjadi milik Pemkab Malang.

Kemenkop dan UKM Optimalkan Peran PLUT KUMKM
Ist
Gedung PLUT KUMKM 

TRIBUNNEWS.COM, MALANG - Kementerian Koperasi dan UKM memperkuat peran dan fungsi PLUT KUMKM Kabupaten Malang melalui program Kampung UKM digital kerjasama dengan PT Telkom tbk.

Kepanjen-Kabupaten Malang  saat ini memiliki 418 ribu UMKM tersebar di 33 kecamatan.

Dari potensi  UMKM tersebut diharapkan terdapat produk UMKM unggulan yang potensial untuk dikembangkan, sehingga meningkat produktivitas dan daya saingnya di pasar lokal, regional dan global.  

Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Yuana Sutyowati melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Malang, Jumat (24/3), guna meninjau kesiapan PLUT KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu) Kabupaten Malang yang baru selesai dibangun melalui program Tugas Pembantuan (TP) yang bersumber dari APBN Kementerian Koperasi dan UKM 2016.   

 Gedung PLUT KUMKM tersebut akan dihibahkan kepada Pemerintah Daerah menjadi milik Pemkab Malang.

Kunjungan Deputi  Yuana merupakan koordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk memantau  kesiapan peresmian Gedung PLUT KUMKM dan Launching Kampung UKM  Digital oleh Menteri Kopetasi dan UKM yang direncanakan Mei 2017.

 Yuana  melaksanakan pertemuan dengan jajaran Dinas Koperasi dan pelaku UMKM dan pengurus Asosiasi UKM di  Kabupaten Malang beserta para konsultan pendamping PLUT KUMKM, tim PT Telkom tbk pusat Edwin serta UKM binaan.

 Dengan adanya PLUT ini, lanjut dia, masyarakat akan lebih  memanfaatkan  layanan konsultasi dan pendampingan untuk meningkatkan  akses terhadap pembiayaan, pemasaran, IT dan jaringan usaha.

Layanan KUKM diberikan kepada   pelaku usaha dan wirausaha baru. Saat ini UMKM masih mengalami kendala di pemasaran, teknologi dan  permodalan.

Konsultan pendamping  PLUT bisa  dimanfaatkan untuk membantu memecahkan persoalan UKM dalam berbagai hal, karena "konsultan pendamping PLUT KUMKM sudah profesional dibidangnya masing-masing, mereka juga pelaku usaha. Jadi paham betul seperti apa mengelola usaha,” ujarnya.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas