Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesawat Milter AS Kembali Mendarat di Aceh, Ada Apa?

Pesawat AU AS itu dipimpin Kapten Dane Ahrholt hanya berada sekitar satu jam di Bandara SIM, lalu kembali ke Pulau Diego Garcia

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Pesawat Milter AS Kembali Mendarat di Aceh, Ada Apa?
SERAMBITV.COM

Laporan Wartawan Serambi Indonesia Muhammad Nasir

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH –Pesawat tanker milik militer  Amerika Serikat mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar sekitar pukul 12.50 WIB, pesawat terbang dari Diego Garcia. 

Pesawat ini tiba untuk menjemput kru atau awak militer AS yang sudah dua hari tertahan di Aceh, akibat pesawat yang sebelumnya mereka tumpangi mengalami kerusakan mesin dan mendarat darurat.

Pesawat milik US Air Force (angkatan udara) yang dipiloti Kapten Dane Ahrholt itu, hanya berada sekitar satu jam di Bandara SIM.

Sekitar pukul 13.37 WIB pesawat sudah lepas landas kembali ke Pulau Diego Garcia, sebuah atol di tengah Samudera Hindia (dekat Maldives) atau tiga jam penerbangan dari Banda Aceh. Diego Garcia merupakan pangkalan militer Amerika Serikat dan Inggris. 

Danlanud SIM, Kolonel Pnb Suliono, Minggu (26/3/2017) mengatakan, pesawat itu menjemput sebanyak 14 awak, dari total 20 Awak pesawat US Air Force yang mendarat darurat di SIM. Ke-14 awak itu diterbangkan kembali ke Diego Garcia.

Sementara sisa enam awak lain yang terdiri pilot dan teknisi tetap berada di Banda Aceh, sambil menunggu dikirim mesin baru dan spare part oleh Pemerintah Amerika Serikat ke Banda Aceh.

Amatan Serambinews.com, sebelum pesawat itu mendarat di Banda Aceh, para awak militer AS yang akan  dijemput sudah mengemaskan semua barang bawaan mereka di apron. Sehingga begitu pesawat landing, mereka langsung memuat barang ke pesawat.

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya, pada Jumat (24/3/2017) satu unit pesawat AS yang mengangkut 20 awak mendarat darurat di Bandara SIM karena kerusakan mesin saat di udara.

Pesawat itu dari Diego Garcia menuju Kadena di Pulau Okinawa, Jepang. Hingga saat ini pesawat itu masih berada di Apron Bandara SIM. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas