Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Begini Kronologis Dua Ormas di Sukabumi Bentrok

Seorang anggota Polsek Cibadak mengalami luka setelah menjadi korban pemukulan dari salah satu anggota ormas yang bentrok

Penulis: Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Begini Kronologis Dua Ormas di Sukabumi Bentrok
Tibun Jabar/Dony Indra Ramadhan
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, SUKABUMI - Barisan Benteng Raya Pajajaran (BBRP) Zona V Sukabumi bentrok dengan PAC Pemuda Pancasila Cibadak, Minggu (9/4/2017).

Seorang anggota Polsek Cibadak mengalami luka setelah menjadi korban pemukulan dari salah satu anggota ormas yang bentrok.

Bentroknya dua organisasi massa itu sempat membuat situasi Kabupaten Sukabumi pada Minggu (9/4/2017), mencekam.

Pascabentrok situasi pun bernagsung kondusif hingga Senin (10/4/2017) siang.

Kesalahpahaman itu bermula pada Sabtu (8/4/2017) pukul 20.00 WIB.

Sejumlah bendera BBRP yg terpasang di Posko Paparti Cikidang, Jalan Raya Cikidang diturunkan dan disobek oleh orang tidak dikenal.

BERITA REKOMENDASI

Orang tak dikenal yang diduga anggota PP itu juga mengancam akan membakar posko BBRP.

"Selang dua jam, terjadi penurunan bendera PP di Perumahan Paparti. Ketua PP Ranting Pamuruyan bersama beberapa orang rekannya mendapati 2 orang anggota BBRP di lokasi itu. Namun keduanya tidak tahu persis siapa yang menurunkan bendera PP," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan melalui pesan singkat, Senin (10/4/2017).

Tak disangka penurunan bendera itu berbuntut. Seorang anggota BBRP memukul seorang anggota PP di Jalan Raya Cikidang, Kampung Anggayuda, Minggu (9/4/2017) pukul 09.00 WIB. Kedua pimpinan ranting langsung berkoordinasi dengan aparat Polsek Cibadak agar peristiwa itu tak meluas.

"Sejam kemudian, terjadi bentrok antara perwakilan BBRP dan PP. Pada saat kejadian perwakilan BBRP yang dikawal aparat polsek itu akan melakukan mediasi. Tapi diadang sehingga bentrok, seorang anggota polisi juga terkena pukulan," kata Yusri.

Massa dari kedua ormas pun berdatangan dan terkonsentrasi di Jalan Raya Cibadak-Cikidang usai bentrok di depan kantor Desa. Massa ormas PP terkonsentrasi di arah Cibadak sedangkan masa dari Ormas BBRP terkonsentrasi dari arah Cikidang.

Kedua kelompok yang saling berhadapan tersebut sempat saling melempar batu dan botol bekas minuman. Namun aksi tersebut berhasil diredam petugas polsek, Dalmas Inti Sabhara, Tim dari Sat Reskrim dan Sat Intelkam dibantu Anggota Koramil 0711/Cibadak.

"Kedian itu dtangani dengan cara blokade dan dilakukan tindakan tegas, massa ormas BBRP di dorong mundur ke arah Cikidang. Massa dari ormas PP di dorong mundur ke arah Cibadak," kata Yusri.

Yusri mengatakan, Polres Sukabumi langsung mempertemukan pimpinan dari dua kelompok massa itu. Dari hasil pertemuan, disepakati jika kasus bentrokan itu akan ditangani Polres Sukabumi. Kedua kelompok massa akan melakukan pertemuan di kemudian hari.

"Dua anggota dari BBRP dan tiga anggota PP terluka akibat bentrokan. Seorang anggota Polsek Cibadak juga ikut terluka. Selain itu enam unit sepeda motor rusak," kata Yusri. (cis)

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas