Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Refleksi 3 Tahun Pencapaian Pemerintahan Kota Makassar

saat ini, berdasarkan BPS tahun 2016 tercatat pendapatan meningkat hingga sekitar Rp 86 juta atau 6.800 dolar AS per tahun.

Penulis: Sanusi
zoom-in Refleksi 3 Tahun Pencapaian Pemerintahan Kota Makassar
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Walikota Makassar, Danny Pomanto memberikan sambutan dalam perayaan puncak HUT ke-13 Tribun Timur di Four Point by Sheraton Jl Landak Baru, Makassar, Sulsel, Jumat (17/3) malam. Perayaan tersebut dihibur oleh Ari Lasso dengan membawakan 12 lagu diantaranya Matahari, Perbedaan, Misteri Ilahi, Hampa dan Single terbarunya yaitu Dunia Maya. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Makassar City Expo (MC Expo) 2017 secara resmi dibuka oleh Dirjen Aplikasi Telematika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Samuel Abrijani Pangerapan, didampingi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto di Pantai Losari, Senin (22/5) sore.

Kegiatan ini menjadi rangkaian peringatan tiga tahun kepemimpinan Moh Ramdhan Pomanto dan Syamsu Rizal (DIA) dalam menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

Danny Pomanto, sapaan akrab Wali Kota Makassar menyampaikan, pelaksanaan MC Expo 2017 ini merupakan refleksi atas pencapaian dan bentuk pertanggungjawaban pemerintahan DIA kepada masyarakat.




Menurutnya, banyak hal yang telah dicapai pemerintahannya, namun hal itu belumlah sempurna karena masih banyak persoalan yang harus dibenahi ke depan.

"Walaupun kami belum sempurna dalam bekerja, tapi kami menjamin bahwa semua program, visi, dan misi yang kami sampaikan saat pelantikan 2014 lalu akan kami selesaikan dan rampungkan hingga akhir masa jabatan kami," ungkap Danny.

Data BPS mengungkap beberapa kemajuan penting kota ini di bawah nahkoda Danny Pomanto dan wakilnya Syamsu Rizal.

"Yang terpenting adalah pertumbuhan ekonomi Makassar pada saat pertama kami berdua dilantik posisi GDP Growth 7,11 persen dan hari ini kita masuk pada 8 persen," pungkasnya.

BERITA TERKAIT

Dari sisi pendapatan, saat pertama pasangan ini dilantik pendapatan masyarakat Makassar sekitar Rp 70 juta per tahun, namun saat ini, berdasarkan BPS tahun 2016 tercatat pendapatan meningkat hingga sekitar Rp 86 juta atau 6.800 dolar AS per tahun.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dulunya hanya 75, saat ini telah meningkat ke angka 80,53 dan nilai ini termasuk tertinggi di Indonesia.

“Indek kebahagiaan Indonesia sekitar 69 persen, kota- kota maju lainnya sekitar 70 persen, Makassar tembus diangka 75, 21 persen," jelasnya lagi.

Dengan capaian itu, Danny mengatakan tidak akan berhenti sampai di situ saja, namun Ia bersama wakilnya mengaku akan terus bekerja memenuhi janji-janjinya kepada masyarakat, salah satunya membentuk pemerintahan yang transparan.

"Karenanya setiap tahun kita mengadakan pertanggungjawaban visual seperti ini, apa- apa inovasi yang sudah jalan, apa- apa uang negara yang sudah kita pakai," bebernya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas