Tribun

Busyet, Polres Mempawah Amankan 23,4 Juta Mercon Jenis Korek

Dari razia di tujuh titik operasi juga diamankan jenis happy flower 644 butir dan ground flower sebanyak butir unit yang diperoleh dari 7 titik razia

Editor: Eko Sutriyanto
Busyet, Polres Mempawah Amankan 23,4 Juta Mercon Jenis Korek
dok Warta Kota
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Dhita Mutiasari

TRIBUNNEWS.COM, MEMPAWAH - Sebagai langkah antisipasi hal yang tidak diinginkan dan menyebabkan kekhusyukan ibadah bulan ramadan terganggu, aparat kepolisian Polres Mempawah melakukan razia petasan disejumlah titik di Kabupaten Mempawah, Jumat (2/6) sore.

Alhasil dalam penyisiran dibeberapa lokasi penjualan petasan, mereka berhasil menyita hingga jutaan unit petasan dari hasil razia yang dilakukan disejumlah titik pasar Kabupaten Mempawah.

Kasat Sabhara Polres Mempawah AKP Arifin Harahap yang memimpin rajia mengatakan bahwa razia yang di gelar terkait petasan ini guna memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa.

Selain meberikan rasa aman dan nyaman, razia ini juga dapat mengurangi resiko atau hal hal yang tidak diinginkan karena petasan juga merupakan bahan berbahaya.

"Karena biasanya anak-anak terkadang melemparkan petasan kepada pengendara sehingga dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan," katanya.

Bahkan menghindarkan anak-anak juga terkadang membakar dan melemparkan petasan kepada masyarakat yang sedang menunaikan ibadah salat tarawih.

"Hal-hal seperti itu yang kita hindari dan kita antisipasi. Peran serta masyarakat dan orangtua sangat menentukan," tuturnya.

Tak dapat dipungkiri memasuki bulan ramadan dan menjelang hari raya idul fitri 1438 H/2017 M maka penjual-penjual petasan bermunculan.

Maka ia menegaskan jika polisi mendapati masyarakat yang menjual atau membuat petasan, pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Mempawah akan menindak tegas sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku

Dari hasil razia, pihaknya berhasil menyita berbagai macam bentuk petasan yang tidak memiliki izin edar dan berpotensi menyebabkan gangguan baik kepada masyarakat, pengendara dan mengganggu kekhusyukan ibadah pada bulan suci ramadan.

"Apapun yang dapat membuat bulan ramadhan terganggu akan kita tindak. Petasan banyak disalahgunakan terutama yang tidak memiliki izin edar,"ujarnya.

Adapun rinciannya dengan hasil petasan atau mercon jenis korek sebanyak 23.440.000 butir, petasan jenis happy flower 644 butir dan ground flower sebanyak butir unit yang diperoleh dari 7 titik razia. (Ita)

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas