Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Memicu Daya Ledak Besar, Siapa Sangka Ukuran Detonator Begitu Mungil

Meski bentuknya mungil seperti cabai rawit ternyata di baliknya mengandung kekuatan daya ledak luar biasa. Itulah detonator.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Memicu Daya Ledak Besar, Siapa Sangka Ukuran Detonator Begitu Mungil
Net
Ilustrasi detonator listrik. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Amalia Qisthyana

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Meski bentuknya mungil seperti cabai rawit ternyata di baliknya mengandung kekuatan daya ledak luar biasa. Itulah detonator.

Detonator memicu terjadinya ledakan. Meski ukurannya cukup kecil detonator menjadi unsur penting untuk menghasilkan ledakan cukup besar.

Demikian disampaikan Paops Subden 2 Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jabar, Bripka Ngatiman, saat berkunjung ke Tribun Jabar, Selasa (6/6/2017).

Pemicu awal dari detonator berupa letupan yang akan merangsang bahan peledak untuk meledak. Biasanya detonator berada di dalam alat peledak, contohnya bom.

Detonator terbagi ke dalam beberapa jenis. Di antaranya detonator biasa, detonator listrik, dan detonator nonel.

Detonantor biasa yang proses penyalaannya melalui api atau panas, kemudian dihantarkan melalui sumbu bakar. Detonator biasa selalu digunakan bersama sumbu bakar.

BERITA TERKAIT

Ada juga detonator listrik, proses penyalaannya melalui listrik. Detonator jenis ini menurut Ngatiman paling banyak digunakan di masa sekarang.

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas