Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Empat Titik Rawan Pemudik Harus Waspadai Ketika Melintasi Brebes

Ada empat pasar tumpah diperkirakan bakal menjadi titik kemacetan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Berikut catatannya.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Empat Titik Rawan Pemudik Harus Waspadai Ketika Melintasi Brebes
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Pintu tol keluar Brebes di Kabupaten Brebes,Jawa Tengah. Pada musik mudik Lebaran 2016, Brexit menjadi simpul kemacetan cukup parah. TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNNEWS.COM, BREBES - Ada empat pasar tumpah diperkirakan bakal menjadi titik kemacetan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Lokasi tersebut tersebar di antaranya di Pasar Losari, Bulakamba, dan Pasar Induk Brebes yang terletak di Jalur Pantura.

Satu titik lainnya berada di di jalur tengah atau di wilayah Brebes Selatan yakni Pasar Linggapura, Kecamatan Tonjong.

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Arfan Zulkhan Sipayung, mengatakan angkutan umum yang parkir sembarangan seperti andong dan becak diperkirakan bakal menghambat kelancaran arus mudik.

Fenomena ini sempat mendapat perhatian Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat beberapa waktu lalu meninjau kesiapan tol dan tol fungsional untuk pemudik Lebaran nanti.

"Di titik pasar tumpah itu nantinya akan dipasang pembatas di tengah jalan untuk menertibkan penyeberang jalan. Petugas juga akan disiagakan," kata Arfan kepada Tribun Jateng, Sabtu (10/6/2017).

BERITA REKOMENDASI

Selain pasar tumpah titik kemacetan ada di persimpangan Brebes Timur. Titik ini menjadi satu simpul kemacetan yang cukup parah pada masa mudik Lebaran tahun lalu.

"Di titik ini, penyebab kemacetannya yakni pertemuan antara kendaraan dari Tol Pejagan-Brebes Timur (Brexit) dan jalur arteri Pantura. Titik ini juga kerap didera kemacetan setiap libur panjang akhir pekan," ujar dia.

Di titik ini, polisi akan menyiapkan rekayasa arus lalu lintas dengan pola 3:1. Yaitu menggunakan tiga lajur dari arah barat ke timur (Jakarta ke Semarang) ketika arus mudik. Lalu pola sebaliknya saat arus balik.

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas