Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gesitnya Obama Berlari Menaiki Tangga Candi Prambanan

Menariknya, Obama berlari ketika menaiki situs yang ukurannya paling besar di kawasan candi induk itu. Hal ini langka dilakukan oleh tamu lainnya.

Penulis: Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Gesitnya Obama Berlari Menaiki Tangga Candi Prambanan
TRIBUN JOGJA/Bramasto Adhy
Presiden ke 44 Amerika Serikat, Barack Obama mengunjungi Candi Prambanan, Sleman, Kamis (29/6/2017). Kunjungan liburan di Indonesia Barack Obama dan keluarga tersebut dijadwalkan hingga 30 Juni 2017. TRIBUN JOGJA/Bramasto Adhy 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Sekitar satu jam mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, bersama keluarganya mengunjungi Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017).

Obama yang datang untuk berlibur itu hanya mengelilingi kawasan candi induk.

Pantauan Kompas.com, Obama yang mengenakan kaus biru dongker dan celana panjang putih itu sempat terlihat menaiki Candi Shiwa dengan cepat dari kejauhan.

Awak media dan pengunjung langsung mengabadikan momen Obama menaiki candi yang berada di tengah kawasan candi induk itu.

Pemandu Obama yang juga arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, Manggar Sari Ayuwati mengatakan, Obama memang sangat tertarik dengan Candi Shiwa.

Menariknya, Obama berlari ketika menaiki situs yang ukurannya paling besar di kawasan candi induk itu.

Menurutnya, aksi yang dilakukan Obama itu merupakan hal yang langka terjadi di Candi Prambanan.

BERITA REKOMENDASI

"Itu yang jadi menarik. Saya kaget juga karena baru kali ini ada tamu naik candi dengan berlari. Dia sangat sehat sekali, dengan badan ramping itu lari dengan cepat meniti tangga," kata Manggar kepada wartawan seusai memandu Obama di Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017).

Manggar pun menyebut, Obama cukup lama atau sekitar 15 menit singgah di Candi Shiwa ketimbang candi lainnya di kawasan candi induk.

Menurutnya, Obama sangat antusias mendengarkan penjelasan soal relief dan masuk ke empat bilik yang ada di dalam candi.

"Dia betah sekali, dia perhatiakan benar relief yang ada. Dia juga foto-foto di sana dan dia paling senang dengan relief Resi Agastya. Dia sempat selfie dengan relief itu," tutur Manggar.

Manggar mengatakan, semua candi di kawasan candi induk dikunjungi Presiden Amerika Serikat ke-44 tersebut.

Obama juga mengunjungi lokasi pemugaran Candi Pewara yang berada di sisi utara candi induk untuk melihat langsung proses penyusunan batu-batu candi yang sebelumnya hanya berupa reruntuhan.

"Semua candi Brahma, Wisnu, Shiwa, Nandi, dan relief semua dikelilingi," ucap Manggar. (Tribun Jogja/Teuku Muhammad Guci Syaifudin)

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas