Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Temukan Surat dari Kontrakan Pemilik Bom Panci Agus Wiguna

Polisi menemukan surat dari kontrakan Agus Wiguna di Buahbatu, Bandung, Jawa Barat.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Polisi Temukan Surat dari Kontrakan Pemilik Bom Panci Agus Wiguna
capture video
Ledakan bom panci dikabarkan terjadi di sebuah kontrakan di Kampung Kubang Beureum, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah batu, Kota Bandung, Sabtu (8/7/2017) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polisi menemukan surat dari kontrakan Agus Wiguna di Buahbatu, Bandung, Jawa Barat. Agus merupakan perakit bom panci, yang hendak meledakkannya di tiga titik di Bandung.

Dalam surat tersebut diduga berisi pengakuan Agus Wiguna yang telah berbaiat kepada Khilafah Daulah Islamiyah, Abu Bakar Al Baghdadi.

"Saya berbaiat kepada Khilafah Daulah Islamiyah, Abu Bakar Al Baghdadi untuk taat dan patuh kepada perintahnya. Baik dalam keadaan senang, sedih, susah, lapang. Saya tidak mungkin merebut kekuasaan darinya," isi dari surat tersebut.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Kepolisian Negara Republik Indonesia Brigadir Jenderal Rikwanto mengatakan, surat mencurigakan tersebut, masih didalami polisi.

Tim Inafis Polrestabes Kota Bandung membawa bukti dari rumah kontrakan terduga teroris pelaku meledaknya bom panci TRIBUN JABAR/DANIEL DAMANIK
Tim Inafis Polrestabes Kota Bandung membawa bukti dari rumah kontrakan terduga teroris pelaku meledaknya bom panci TRIBUN JABAR/DANIEL DAMANIK (Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik)

"Untuk surat sedang didalami, ditemukan di rumah kontrakan Agus Wiguna," ujar Rikwanto melalui pesan singkat di Jakarta, Minggu (9/7/2017).

Baca: Pelaku Tulis Lengkap Rencana Target Lokasi Bom, Sasarannya Rumah Makan, Kafe dan Tempat Ibadah

BERITA REKOMENDASI

Rikwanto menerangkan, dari interogasi awal, Agus Wiguna mengaku merencanakan serangan dengan bom panci ke kafe Bali di Jalan Braga, rumah makan celengan di Astana Anyar dan gereja di Buahbatu.

Adapun rencana serangan bom panci ke Kafe Bali akan dilaksanakan pada Jumat, 16 Juli 2017, malam hari.

"Terduga rencana berangkat ke TKP peledakan menggunakan angkot dengan bom rakitan dimasukan ke dalam ransel," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Yusri Yunus, kemarin.

Lokasi rumah kontrakan tempat meledaknya bom Panci di kawasan Buah Batu, Kota Bandung, Sabtu (8/7/2017). TRIBUN JABAR/ DANIEL DAMANIK
Lokasi rumah kontrakan tempat meledaknya bom Panci di kawasan Buah Batu, Kota Bandung, Sabtu (8/7/2017). TRIBUN JABAR/ DANIEL DAMANIK (Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik)

Baca: Bom Panci Sedianya akan Diledakkan 16 Juli di Kafe Bali Jalan Braga

"Rencananya di TKP terduga akan menyimpan ransel pada malam hari dengan melihat situasi dan kondisi di sekitar saat sepi. Selanjutnya bom tersebut akan diletakkan di tong sampah sekitar kafe dengan alat pemicu menggunakan benang dibentangkan yang bertujuan apabila benang tersebut tersandung kaki bom tersebut akan meledak," sambungnya.

Diberitakan, petugas berhasil mengamankan Agus Wiguna selaku terduga perakit bom yang meledak di dalam kamar kontrakan, di Kampung Kubang Bereum RT 7 RW 11 Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah Batu, pada Sabtu sore.

Diketahui, Agus tengah berjualan bakso di wilayah Cidurian, pada saat bom panci rakitannya meledak di dalam kamar kontrakannya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas