Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

TNI AU Ujicoba Rudal di Bulukumba, Rute Tiga Penerbangan Dialihkan

Rudal akan dilepaskan dari Pelabuhan Pendaratan Ikan di Kecamatan Bontobahari ke target sasaran drone di laut lepas

TNI AU Ujicoba Rudal di Bulukumba, Rute Tiga Penerbangan Dialihkan
euronews.com
Ilustrasi rudal 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUNNEWS.COM,  MAKASSAR - Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 472 Paskhas akan menguji coba rudal Chiron terbaru milik TNI AU, di perairan kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, 13 Juli 2017 mendatang.

Rudal akan dilepaskan dari Pelabuhan Pendaratan Ikan di Kecamatan Bontobahari ke target sasaran drone di laut lepas.

Ujicoba inipun membuat tiga penerbangan yang melewati rute sekitar tempat ujicoba harus dialihkan.

Ketiga penerbangan tersebut yakni dua penerbangan domestik Susi Air dan Wings Air, dan satu penerbangan internasional yakni Silk Air.

General Manager MATSC Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), Novy Pantaryanto mengatakan, dalam rangka mendukung program kerja Lanud Sultan Hasanuddin untuk latihan penembakan oleh Denhanud, maka Airnav Indonesia Kantor Cabang MATSC telah mempublikasi Notice to Airman (Notam).

Notam adalah pemberitahuan yang didistribusikan lewat sarana telekomunikasi yang berisi informasi tentang pembuatan, kondisi atau perubahan dari fasilitas penerbangan, pelayaran, prosedur dan potensi bahaya serta harus diketahui terutama oleh personil yang terkait dengan operasi penerbangan.

"Untuk rencana kegiatan Denhanud 472 Paskhas tanggal 11-14 Juli 2017, pihak Lanud Hasanuddin Makassar sudah mengajukan Raw Data sejak tanggal 3 Juli 2017 untuk rencana penembakan Rudal ChiroNln dan meriam penangkis serangan udara Oerlikon," kata Novy,

Menurut Novy, area yang mnjadi titik tembak adalah pada koordinat 053218.02S 12002159.15E daerah Kabupaten Bulukumba dengan arah tembakan menuju Barat Daya (laut) dengan radius 30 km dan jarak luncur hingga 10000 m (33000 kaki) di atas permukaan laut.

"Dengan demikian maka pada area tersebut menjadi area terlarang untuk dilewati pesawat. Rute penerbangan yang terdampak adalah rute Makassar-Selayar yang biasanya diterbangi oleh Wings Air 1x sehari, dan rute Selayar-Kendari yang biasanya diterbangi oleh Susi Air," ungkap Novy.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Timur
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas