Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Command Center Polrestabes Surabaya Bisa Jadi Contoh Nasional

Pengawasan pelanggaran lalu-lintas melalui CCTV di Command Center milik Polrestabes Surabaya mendapat apresiasi dari Mabes Polri.

Penulis: Fatkul Alamy
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Command Center Polrestabes Surabaya Bisa Jadi Contoh Nasional
dok. PLN Disjaya
Command Center, sebuah layanan terintegrasi lintas batas untuk mengoptimalkan pekerjaan serta membagi beban kerja para petugas agar tidak ada ketimpangan beban kerja antar petugas posko. 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Pengawasan pelanggaran lalu-lintas melalui CCTV di Command Center milik Polrestabes Surabaya mendapat apresiasi dari Mabes Polri.

Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, pemantauan lewat CCTV diusulkan diterapkan di seluruh jajaran kepolisian di Indonesia.

Royke Lumowa saat meninjau pengoperasian Command Center di Polrestabes Surabaya, melihat langsung beberapa pelanggaran melalui CCTV di beberapa ruas jalan Kota Pahlwan.

Ada sekitar 70 titik kamera pengawas yang dioperasikan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Surabaya dalam melakukan pengawasan terjadinya pelanggaran lalu-lintas.

“Sistem ini cukup baik dan akan diberlakukan menjadi program nasional di jajaran kepolisian se-Indonesia," kata Royke di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (13/10/2017).

Menurut perwira dengan dua bintang di pundaknya ini, nanti akan lebih memudahkan identifikasi terhadap kendaraan yang melanggar. Polisi tidak harus banyak berada di lapangan.

“Kecanggihan kamera CCTV ini, petugas yang biasa di lapangan 15 anggota, nanti bisa dihemat menjadi empat atau lima anggota saja,” kata Royke.

BERITA TERKAIT

Mantan Kasat Lantas Polrestabes Surabaya ini juga memuji terobosan selangkah lebih maju yang Surabaya ini. Nantinya, dengan adanya pengoperasian ini, target penurunan terjadinya pelanggaran lalu lintas dapat ditekan.

Royke menambahkan, tilang elektronik juga merupakan bentuk modernisasi kepolisian.

"Bukan hanya perilaku saja yang modern, tapi alat juga," terang Royke.

sSurabaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal menambahkan, Commad Center ini sangat membantu. Keberadaaanya yang terkoneksi dengan CCTV milik Dinas Perhubungan Surabaya sangan membantu tugas-tugas kepolisian dalam memantai kemanan dan juga lalu lintas.

"Kita bisa melihat semua ativitas yang ada di Surabaya, karena kami selalu memonitor lewat layar yang terkoneksi dengan CCTV se Surabaya," terang Iqbal. fat

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas