Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bobby Afif Nasution Keturunan Raja, Kahiyang Bakal Dapat Gelar Namora

Acara adat di Sumatera Utara akan dilakukan sejak tanggal 21 November yaitu acara pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Bobby Afif Nasution Keturunan Raja, Kahiyang Bakal Dapat Gelar Namora
INSTAGRAM
Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution 

TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Putri Presiden Joko Widodo - Iriana, yakni Kahiyang Ayu dan calon suaminya Bobby Afif Nasution akan menemui raja-raja untuk menggenapi adat Batak Mandailing.

Mereka akan melangsungkan pernikahan di Solo, Rabu (8/11) kemudian dilanjutkan resepsi di rumah orangtua mempelai laki-laki di Bukit Hijau Regency, Tasbih, Kota Medan pad 21 November.

"Acara adatnya nanti adat Mandailing dan adat Tapanuli Selatan. Tanggal 21 November acara pemberian marga kepada Kahiyang. Kemudian tanggal 24 November lanjut acara meminta izin kepada raja-raja untuk menabuh gordang sembilan," ujar Erwan Nasution, paman Bobby Nasution belum lama ini.

Acara adat di Sumatera Utara akan dilakukan sejak tanggal 21 November yaitu acara pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu.

Kemudian 24 dan 25 November 2017 acara adat pernikahan Bobby dan Kahiyang, kemudian resepsi umum 26 November 2017.

Baca: Prosesi Ini yang Harus Ditempuh Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution Sebelum Jadi Suami-Istri!

"Kemudian tanggal 25 November acara adatnya. Di sini nanti Bobby dan Kahiyang akan mendapat gelar dari raja-raja. Kemudian tanggal 26 November baru acara resepsi. Nanti saat resepsinya ada acara hiburan tari Jawa dan Tari Mandailing," kata Erwan.

BERITA TERKAIT

Bobby ternyata seorang raja generasi ketujuh keturunan Raja Gunung Baringin Nasution dari Tapanuli Selatan. Hal ini terungkap setelah adanya pembahasan Tarombo atau disebut garis keturunan (silsilah) sejumlah perwakilan marga, marga Nasution. 

Menurut Erwan, nanti Bobby Nasution akan mendapat gelar Sutan Kumala Abdul Rahman, sedangkan Kahiyang mendapat gelar Namora (orang kaya).

"Gelar lengkap Kahiyang masih dirahasiakan, tapi sudah kami persiapkan. Yang jelas nama depannya ada Namora," tuturnya.

Dalam pernikahan ini keluarga mengundang 2000 orang, di mana undangan ini belum termasuk untuk relawan-relawan yang mempersiapkan pernikahan.

Baca: Masa Bertongkat Rotan Segel Balai Raya Aceh Sepakat di Medan Petisah

"Untuk tamu dari Solo sudah kami persiapkan penginapan di hotel, kalau undangan biasa, tentu terserah undangannya," ujarnya.

Sebelum memulai acara adat 24 November, akan ada acara pemotongan kerbau besar sebagai syarat meminta izin kepada raja-raja untuk menabuh gordang sembilan.

Untuk marga yang diberikan kepada Kahiyang Ayu, adalah marga Siregar, sama dengan ibu Bobby.

Kedua orangtua Booby adalah mendiang Erwin Nasution dan Ibu Ade Hanifah Siregar.

"Diberi marga Siregar karena mamanya si Bobby boru Siregar," ujarnya. (ryd/cr9)

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas