Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hasil Survei, Milton Crosby Miliki Kredibilitas Pimpin Kalbar

Sementara itu, 9,4 persen menyatakan biasa saja dan 12,2 persen saja yang merasa puas.

Editor: Ferdinand Waskita
zoom-in Hasil Survei, Milton Crosby Miliki Kredibilitas Pimpin Kalbar
RIBUNPONTIANAK/Ridho Panji Pradana
Mantan Bupati Sintang, Milton Crosby saat mendaftarkan dirinya sebagai calon gubernur Kalbar 2017-2023 melalui Partai Golkar. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pusat Kajian Opini Publik Indonesia (PUSKOPI) menggelar survei mengenai opini masyarakat terhadap bakal calon Gubernur Kalimantan Barat di Pilkada 2018.

Survei digelar sejak 26 Oktober hingga 5 November 2017.

Survei mengukur elektabilitas tokoh Kalbar, yakni H Sutarmidji, Karolin Margret Natasya, Kartius, Lasarus, Michael Jeno, Milton Crosby, Ria Norsan dan Suryadman Gidot.

Masyarakat menilai tokoh yang punya kredibilitas sebagai Gubernur yang bisa memimpin Kalimantan Barat bangkit dari keterpurukan yaitu Milton Crosby yang dipilih sekitar 89,4 persen responden.

Baca: Kisah di Balik Pasutri Pakai Uang Koin Beli Ninja 250, Begini Fakta-faktanya

"Diposisi kedua, ada nama Sutarmidji, yang dipilih 88,7 persen responden. Persaingan antara Milton Crosby dengan Sutarmidji ini sangat ketat, hanya selisih sedikit," Direktur Eksekutive PUSKOPI, Andri Gunawan dalam keterangan tertulis, Selasa (13/11/2017).

Diposisi ketiga, ada nama Hildi Hamid 86,7 persen, kemudian Lasarus 84,7 persen, Kartius 83,9 persen, Ria Norsan 83,8 persen, Suryadman Gidot 83,6 persen, dan Karolin hanya 67,8 persen.

BERITA TERKAIT

Pada penelitian opini masyarakat terhadap tokoh yang akan dipilih jika pemilihan Gubernur diadakan hari ini, maka pilihan masyarakat dari segi elektabilitas, memilih Milton Crosby 25,9% kemudian Sutarmidji 21,7 % dan disusul Hildi Hamid 11,6 %.

Baca: Istri Gibran Curi Perhatian di Pernikahan Kahiyang Ayu, Begini Gaya Sehari-hari Selvi Ananda

"Kemudian ada nama Lasarus 8,6%, Karolin Margret Natasa dengan 7,1%, Ria Norsan menyusul dengan 4,3 persen, Suryadman Gidot 3,2%, Kartius 3,1% dan 14,5 % responden yang belum menentukan pilihan," ujar Andri.

Saat kembali diuji simulasi tingkat elektabilitas lima tokoh maka hasilnya lagi-lagi Milton Crosby mendapat suara 30,2 % yang ditempel ketat Sutarmidji 26,7%, Hildi Hamid 12,3 %, Lasarus 9,4 % Karolin Margret Natasa 6,3%, dan tidak memilih 15,1 persen.

Setelah dikerucutkan kembali menjadi tiga orang tokoh, PUSKOPI mendapatkan hasil penilaian masyarakat, bahwa elektabilitas Milton Crosby dipilih 32,8 persen, Sutarmidji 30,2 %, Hildi Hamid 15,7 % dan tidak memilih 21,3 %.

Selain itu, survei juga mengungkapkan sebanyak 78,4 persen masyarakat beropini tidak puas terhadap kinerja pembangunan di Kalimantan Barat.

Khususnya dalam bidang pendidikan, pembangunan infrastruktur, kesehatan serta pembangunan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, 9,4 persen menyatakan biasa saja dan 12,2 persen saja yang merasa puas.

Untuk diketahui, penelitian ini mengunakan cara survei jajak pendapat yang melibatkan masyarakat Kalimantan Barat sebanyak1.815 orang

Metode pemilihan masyarakat yang dilibatkan adalah multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 % dan Margin of Error -/+ 2,3 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas