Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Operasikan Perpustakaan Keliling di Sungai Martapura

Perpustakaan keliling itu biasanya bersandar di dermaga, bantaran Sungai Martapura. Tepatnya Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat.

Editor: Willem Jonata

Laporan Wartawan Banjarmasin Post, Abdul Ghanie

TRIBUNNEWS.COM, MARTAPURA -  Bripka Bagus Murwanto, yang bertugas di Polsek Martapura Barat, menyisihkan gajinya membeli buku untuk kebutuhan perpustakaan keliling di atas perahu.

Saat jam istirahat sekolah, perpustakaan keliling itu biasanya bersandar di dermaga, bantaran Sungai Martapura. Tepatnya Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat.

Siswa SDN Sungai Batang Ilir 1, ramai-ramai memanfaatkan waktu istirahat untuk baca buku di situ. Tak disangka, minat baca siswa cukup tinggi.

Saking banyaknya yang ingin membaca, ada saja siswa sampai tidak kebagian tempat. Biasanya Bripka Bagus menyiapkan buku lebih dalam kantung plastik untuk dibaca di luar perahu yang bersandar.

Perahu perpustakaan keliling juga beroperasi ke desa terpencil lainnya, dekat bantaran sungai.

BERITA TERKAIT

Bahkan tak jarang, perahu itu digunkan untuk mengangkut barang warga. Termasuk mengantar wisatawan ke Kubah Makam Datuk Abulung.

"Alhamdulillah seperti Desa Lok Baintan, Marabahan Kabupaten Batola. Bahkan Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara sudah pernah terjamahl," katanya.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas