Tribun

Gubernur Ganjar: Ansor Harus Mampu Mendorong Kebijakan Publik

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap GP Ansor terus mengawal kebijakan publik serta perilaku para penyelenggara negara.

Editor: Y Gustaman
Gubernur Ganjar: Ansor Harus Mampu Mendorong Kebijakan Publik
Istimewa/Tribun Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi pembicara dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI dan Latihan Instruktur 2, Pimpinan Pusat GP Ansor di Ponpes Roudlotut Tholibin, Leteh, Kabupaten Rembang, Jumat (8/12/2017) petang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNNEWS.COM, REMBANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap GP Ansor terus mengawal kebijakan publik serta perilaku para penyelenggara negara.

Hal ini dilakukan organisasi masyarakat dan siapa pun agar tercipta good governance dan clean government.

Demikian ucap Ganjar dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI dan Latihan Instruktur 2, Pimpinan Pusat GP Ansor di Ponpes Roudlotut Tholibin, Leteh, Kabupaten Rembang, Jumat (8/12/2017) petang.

Menurut dia proyek proposal sosial yang disusun oleh para peserta dapat menjadi pendorong pada kebijakan publik. Mengingat, masing-masing peserta memiliki konsep berbeda-beda.

"Syukur-syukur ini bisa jadi pendorong untuk jadi kebijakan publik. Ansor bisa jadi 'political pressure' atau penekanan politik untuk kebijakan publik yang baik, bagaimana tidak korupsi, transparansi," kata dia.

Kemudian, gagasan kebangsaan yang dimiliki peserta diharap dapat lebih cepat mengaplikasikannya untuk perbaikan sistem yang telah ada.

"Saya tawarkan Ansor magang, dengan pemerintah, parpol, pengusaha, kades, kiai. Maka magang ini bisa mentrasfer seluruh konsep yang dimiliki," imbuh dia. 

Ia menilai cara yang dilakukan Ansor melalui pelatihan khusus ini dapat meningkatkan kapasitas kader, dan SDM-nya komplet. Cara ini sudah on the treck, tinggal dispesialisasi saja. Berikutnya dilakukan ujicoba lapangan agar bisa memunculkan apakah seluruh konsep itu bisa terinternalisasi.

"Sebab kekuatan ansor kan gede banget, karena se Indonesia," ujarnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas