Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tahun Baru 2018

Seribu Pendaki Melepas 2017 dan Menyambut 2018 di Gunung Lawu

Sebanyak 1.000 pendaki diprediksi akan menghabiskan pergantian malam tahun baru 2018 di Gunung Lawumelewati jalur pendakian Cemoro Sewu, Magetan

Seribu Pendaki Melepas 2017 dan Menyambut 2018 di Gunung Lawu
Tribun Jogja/Angga Purnama
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, MAGETAN - Sebanyak 1.000 pendaki diprediksi akan menghabiskan pergantian malam tahun baru 2018 di Gunung Lawumelewati jalur pendakian Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur.

Hal itu diungkapkan oleh pihak Hubungan Masyarakat Paguyuban Giri Lawu, Arik Purnomo (32). 

"Sejak Natal kemarin mulai tercatat dari tanggal 23-25 itu sekitar 700 orang. Prediksi tahun baru bisa sampai 1.000 orang," kata Arik saat ditemui KompasTravel di pintu pendakian Gunung Lawu via jalur Cemoro Sewu.

Ia mengatakan pendaki akan melebihi 1.000 orang bila cuaca cerah. Arik menyebut pihak pengelola Gunung Lawumemutuskan untuk membuka pendakian saat pergantian tahun 2018.

"Tahun kemarin Natal tutup, karena badai, satu minggu ditutup (sampai tahun baru)," ujarnya.

Arik menyebut pengelola Gunung Lawu telah berkoordinasi untuk mengantisipasi peningkatan pendaki jelang pergantian tahun.

Pihak pengelola telah bekerjasama dengan instansi terkait seperti Badan SAR Nasional (Basarnas), Tim Tanggap Bencana (Tagana), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan kepolisian setempat.

"(Mereka) Jaga tiap pos dengan komunikasi pakai HT (Handy Talkie). Kalau ada pendaki sakit ada yang stand by. Itu mulai tanggal 31 Desember," jelasnya. 

Pantauan KompasTravel, sejumlah pendaki telah mulai mendaki Gunung Lawu sejak Jumat (29/12) sore. Pendaki menuju Puncak Gunung Lawu di ketingggian 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung Lawu adalah salah satu gunung yang berada di dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jaa Timur. 

Gunung Lawu bisa didaki melewati jalur Cemoro Sewu, Cemoro Kandang (Tawangmangu, Jawa Tengah), dan Candi Cetho (Karanganyar, Jawa Tengah).

Ikuti kami di
Editor: Sugiyarto
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas