Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

18 TKI Ilegal Gagal Diselundupkan ke Malaysia

Jayusman mengatakan, dua boat yang membawa TKI ilegal itu diamankan pada Selasa (16/1/2018) kemarin.

Penulis: Array Anarcho
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in 18 TKI Ilegal Gagal Diselundupkan ke Malaysia
Tribun Medan/Array Argus
Petugas TNI Angkatan Laut saat melakukan pendataan terhadap 18 TKI ilegal yang hendak diselundupkan ke Malaysia. Saat ini, kasus tersebut tengah ditangani Lanal Tanjungbalai Asahan, Selasa (17/1/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Array A Argus

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN -- Tim Western Fleet Quick Response I Komando Armada RI Kawasan Barat (WFQR I Koarmabar) TNI Angkatan Laut berhasil menggagalkan penyelundupan 18 orang tenaga kerja ilegal Indonesia yang hendak berangkat ke Malaysia.

Ke-18 pekerja ilegal itu dibawa dengan menumpangi dua boat kayu.

"Saat berada di alur perairan kita, petugas Naga Asahan yang melakukan patroli langsung menghentikan kedua boat itu sebelum menuju laut lepas. Upaya penyelundupan ini kami gagalkan berkat laporan masyarakat," kata Kepala Dinas Penerangan Lantamal I Belawan, Mayor Mar Jayusman, Rabu (17/1/2018).

Baca: Saat Bupati Cantik Sri Wahyuni Membangkang

Jayusman mengatakan, dua boat yang membawa TKI ilegal itu diamankan pada Selasa (16/1/2018) kemarin. Saat ini, tekong kapal beserta TKI ilegal diamankan di Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Asahan (Lanal TBA).

"Dari pengakuan tekong, sebahagian TKI ilegal ini akan bekerja di kapal nelayan Malaysia. Sebahagian lainnya akan diturunkan di darat pada titik-titik tertentu," kata Jayusman.

BERITA TERKAIT

Ia mengatakan, Komandan Lanal TBA, Letkol Laut (P) Yudo Ponco masih mendata para pekerja. TNI Angkatan Laut belum bisa mendetail mengenai kasus ini.

"Itu masih kami data. Jika informasinya sudah lengkap, nanti akan kami sampaikan lebih lanjut," kata Jayusman.

Lanal TBA saat ini memperketat pengawasan pelabuhan-pelabuhan 'tikus' yang mungkin dijadikan jalur penyelundupan. Pihak TNI AL tidak mau kebobolan dengan aksi-aksi kejahatan di perairan Indonesia.

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas